Browse By

Fotis Mini (26 November – 3 Desember 2016)

Sundara Karma, band asal Reading, Inggris ini pertama dikenal di 2013 setelah mengunggah lagu mereka di situs musik. Lagu mereka diputar di BBC Radio 1, menjadi artis utama yang tampil di Reading and Leeds Festival, masuk dalam BBC Introducing 2015. Mereka menjadi artis pembuka tur Mystery Jets, Circa Waves, The Wombats dan Wolf Alice.

Beranggotakan Oscar Pollock (vokal, gitar), Haydn Evans (drum), Ally Batty (gitar) dan Dom Cordell (bass). Mereka bertemu di sekolah yang sama dan membentuk band di 2010 saat mereka masih berusia 14 tahun. Dengan usia semuda itu mereka kerap ditolak tampil di klub lokal. Awalnya mereka menyanyikan kembali lagu artis lain, dari The Doors, Thin Lizzy sampai Arctic Monkeys.

Di 2013 mereka mengunggah demo lagu “Freshbloom” ke situs BBC Introducing, di luar dugaan lagu tersebut menjadi lagu nomor satu di Hype Machine, diulas di blog-blog musik, media dan label rekaman salah satunya Chess Club Records.Dari BBC Introducing, mereka berkesempatan tampil di Festival Reading and Leeds di usia 17 tahun.

Memakai nama yang tidak umum, mereka sempat dicap sebagai band psychdelic yang mengingatkan dengan Kula Shaker. Sundara Karma diambil dalam bahasa kuno, Pali, yang berarti “beautiful karma”. Band yang menjadikan film School of Rock sebagai motivasi membentuk band ini memang sangat tertarik dengan filosofi Timur.

Penampilan Sundara Karma menjadi perhatian, mereka tidak segan tampil glamor dengan glitter di wajah, warna-warni kuteks di kuku tangan sampai memakai sepatu berwarna pink. Menjadikan Plato, Oscar Wilde, Bram Stoker dan Manet sebagai referensi dalam menulis lagu. Loveblood misalnya, ditulis dari cerita pendek Oscar Wilde, Lord Arthur Savile’s Crime.

Sundara Karma telah merilis 3 EP, EP1 pada Februari 2015, EP2 pada November 2015 dan Loveblood pada November 2016. Lebih dulu merilis 3 EP mengumpulkan basis penggemar. Album debut, Youth Is Only Ever Fun in Retrospect, dikerjakan di Berlin, Jerman bersama produser Larry Habbit akan rilis 6 Januari 2017.

Discography

Studio Album