Fotis Mini (28 November – 5 Desember 2015)

Starsailor, terdiri dari empat personil, James Walsh (vokal/gitar) , James Stelfox (bass), Ben Byrne (drum) dan Barry Westhead (keyboad). Band asal Wigan, Inggris ini berhasil mendapat pengakuan sebagai “British Best New Band” pada Februari 2001  oleh NME. Meski dari awal mereka dikenal sebagai band yang berasal dari Wigan, Inggris, tapi ternyata hanya satu personil mereka yang memang berasal dari Wigan, yaitu James Walsh.

Sebelum memakai nama Starsailor, mereka lebih dulu menggunakan Waterface sebagai identitas band mereka. Starsailor diambil dari album Tim Buckley yang rilis di tahun 1970, Starsailor.

Sebuah demo yang terdiri dari 3 lagu, Fever, Coming Down, dan Love Is Here dirilis dan mulai diperhatikan oleh kalangan industri musik. Antrian tawaran perusahaan label rekaman berniat mengajak mereka bergabung. Penampilan perdana mereka di Festival Glastonburry semakin meningkatkan reputasi dan menjadi perebutan perusahan rekaman di UK. Sampai akhirnya mereka bergabung dengan EMI.

Pernah bekerja sama dengan produser ternama seperti Phil Spector (produser : the Beatles, John Lennon, the Ramones), John Leckie (produser : Radiohead dan The Stone Roses), Rob Schnopf (produser : Elliot Smith)

Phil Spector tertarik menjadi produser untuk album Starsailor setelah mendengarkan lagu “Lullaby” lewat putrinya, Nicole Spector. Nicole menonton penampilan mereka di Los Angeles dan langsung mengajak mereka bertemu dengan Phil Spector.

Setelah album keempat, All the Plans (2009), Starsailor memutuskan rehat dikarenakan kesibukan masing-masing seperti James Walsh yang memilih berkarir solo.

Lima tahun setelah memutuskan rehat, 2014 mereka kembali tampil bersama di Isle of Wight Festival 2014 dan merilis album Greatest Hits : Good Souls pada 18 September 2015. Selain berisikan single yang berhasil masuk Top 40 UK, berisikan dua lagu baru, Give Up the Ghost dan Hold On.

Discography

Love Is Here (2001)


Silence Is Easy (2003)


On the Outside (2005)


All the Plans (2009)


Greatest Hits: Good Souls (2015)