Fotis Mini (5 – 12 November 2016)

OneRepublic, band asal Colorado Springs, Amerika Serikat yang populer lewat lagu “Aplogize” di 2007. Menjadi nomor satu di Billboard Hot 100 selama delapan pekan. Tahukah Bujang Dare, lagu tersebut awalnya diunggah di MySpace pada 2006 kemudian diremix oleh Timbaland untuk album kompilasinya, Shock Value. Lagu tersebut diputar sebanyak 28 juta kali dan masuk dalam MySpace Music’s Top Artists 2006.

Dibentuk di 2002 oleh Ryan Tedder (vokal) dan Zach Filkins (gitar), kemudian Drew Brown (gitar), Brent Kuzle (cello, bass) dan Eddie Fisher (drum) bergabung. Dua bulan sebelum rilis album, kontrak mereka diakhiri label rekaman. Beberapa lagu kemudian diunggah ke MySpace dan menarik perhatian label Timbaland, Mosley Music Group. OneRepublic menjadi artis non R&B pertama yang bergabung dengan label.

Band ini tadinya bernama Republic. Khawatir dengan kontroversi namanya, pihak label menyarankan untuk mengubahnya menjadi OneRepublic. Telah merilis empat album, Dreaming Out Loud (2007), Waking Up (2009), Native (2013) dan terbaru Oh My My (2016).

Meski banyak kritikus pesimis dengan masa depan mereka, bahkan banyak yang beranggapan OneRepublic sukses berkat Timbaland saja. Tapi, mereka dapat membuktikan album berikutnya sukses masuk Top 20 tangga album di belasan negara, seperti Amerika Serikat, UK, Australia, Selandia Baru, Irlandia dan Jerman.

Oh My My, album terbaru OneRepublic rilis 7 Oktober 2016. Kali pertama kolaborasi dengan artis lain seperti penyanyi, penulis lagu dan produser Santigold, Romy Madley Croft dari The xx, frontman Genesis, Peter Gabriel dan duo musik Prancis, Cassius. Inspirasinya? Lagu disko Prancis dan Italia era 90an.

Beberapa lagu di album baru ditulis saat tur dunia album Native. “Kids”, single kedua misalnya ditulis saat di Jepang dan Meksiko, “Future Looks Good” ditulis saat di Rio, Brazil.

Tahukah Bujang Dare, OneRepublic ingin membuktikan lagu mereka bisa kembali mencetak hits tanpa musik elektronik alias EDM. Bagaimana menurut Bujang Dare?