Fotis Mini (7 – 14 Mei 2016)

Setelah No Doubt memutuskan rehat, Gwen Renee Stefani memulai debut sebagai solois dengan album Love.Angel.Music.Baby (2004). Sukses di album pertama, Gwen merilis dua album berikutnya, The Sweet Escape (2006) dan yang terbaru This Is What the Truth Feels Like (2016).

Single ketiga dari album debutnya, “Hollaback Girl”, menjadi lagu pertama yang diunduh lebih dari satu juta kali di Amerika Serikat.

Album debut Gwen didukung sederetan penulis lagu dan produser ternama, seperti Tony Kanal, Linda Perry, Andre 3000, The Neptunes, New Order sampai Dr.Dre. Album ini mendapat pengaruh dari lagu di era 80an hingga awal 90an. Ia dinominasikan di Grammy Awards 2005 dan 2006 untuk Best Female Pop Vocal Performance, Album of the Year, Record of the Year, Best Pop Vocal Album dan Best Rap/Sung Collaboration.

Meski tidak mendapat penilaian yang baik dari beberapa media untuk album keduanya, The Sweet Escape (2006), Gwen masih bisa membuktikan albumnya juga sukses. Tahukah Bujang Dare kalau judul album kedua awalnya adalah Candyman?

Bersama No Doubt, band yang ia bentuk di tahun 1987, berhasil menjual lebih dari 20 juta copy album di seluruh dunia. Mereka memutuskan rehat setelah merilis album Rock Steady (2001), di saat inilah Gwen memulai debutnya sebagai solois. Di tahun 2012, No Doubt merilis album berjudul Push and Shove dengan single “Settle Down”. Sayangnya album tersebut gagal dari segi penjualan dan mereka kembali memutuskan rehat di tahun 2013 seperti yang disampaikan Tom Kanal melalui akun twitternya.

Penampilannya di Festival Coachella 2014 bersama Pharrell Williams meninggalkan anggapan bahwa ia akan merilis album baru. Sempat merilis “Baby Don’t Lie” dan “Spark the Fire” di 2015, namun memutuskan untuk mengulang pengerjaan album ketiga. Album “This Is What the Truth Feels Like” disebut sebagai album yang paling personal dari Gwen, “Used to Love You” dirilis sebagai single pertama pada Oktober 2015 diambil dari jurnal pribadinya.

Selain musik dan fashion, Gwen pernah membintangi film. Debutnya sebagai aktris adalah di film The Aviator (2004) arahan sutradara Martin Scorsese sebagai Jean Harlow. Apakah Bujang Dare tahu kalau Gwen mengidap disleksia dan pernah mengulang satu tahun sekolahnya?

Ketika artis lain banyak melakukan promosi album baru lewat youtube, twitter atau instagram. Gwen memilih LinkedIn, dibuat bertepatan dengan rilisan album ketiga, 18 Maret 2016. Dalam akun LinkedIn tersebut, Gwen menyertakan profil sebagai penyanyi-penulis lagu, juri The Voice, Pendiri dan Vokalis band No Doubt, Pendiri dan Creative Director dari label fashionnya, L.A.M.B dan Harajuku Lovers. Tak lupa menyebut penghargaan yang pernah diraihnya dan essai singkat berjudul “The Key to Creativity – And Success – Is Truth”.

Discography


Love. Angel. Music. Baby. (2004)


The Sweet Escape (2006)


This Is What the Truth Feels Like (2016)