Browse By

Fotis Mini (9 – 16 April 2016)

Muhammad Tulus, kelahiran Bukittinggi, Sumatera Barat ini telah merilis 2 album, Tulus (2011) dan Gajah (2014). Musisi dan juga arsitek ini menulis semua lagu sendiri dan ia juga sangat konsisten menggunakan bahasa Indonesia dalam liriknya, untuk memudahkannya ia menjadikan Kamus Besar Bahasa Indonesia sebagai referensinya.

Ia makin sering tampil bernyanyi selama kuliah di Bandung, bersama teman-temannya ia membentuk band Sikuai – nama yang diambil dari salah satu pulau di Sumatera Barat). Bersama kakaknya, Riri Muktamar, mereka mendirikan label rekaman sendiri, Tulus Co. Dari sinilah album pertamanya dirilis dan didistribusikan oleh Demajors. Album pertamanya ini dinobatkan majalah Rolling Stone Indonesia sebagai Editor’s Choice: Rookie of the Year 2013.

Tulus juga sangat senang menulis dan tulisannya ini ditulis di kertas gambar, tissue, sampai struk parkir. Kumpulan tulisan dari pria yang juga senang menggambar ini dikumpulkan oleh temannya untuk diterbitkan dalam sebuah buku. Namun karena terkendala teknis, buku tersebut tidak jadi dirilis.

Tulus merilis lagu “Sepatu” dalam bahasa jepang dan berjudul “Kutsu”, diterjemahkan oleh penerjemah profesional bernama Hiroaki Kato, seniman asal Jepang yang tinggal di Indonesia. Ia juga berkesempatan tampil di festival Hamazo yang ke-10 yang diselenggarakan di Kota Hamamatsu, Shizuoka, Jepang.

Tulus pernah mendapat julukan “Gajah” sewaktu kecil karena ukuran badannya yang besar. Yang menarik video klip “Gajah” mengambil lokasi di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, Lampung, bersama 5 gajah Elephant Patrol binaan WWF Indonesia. Sayangnya satu dari lima gajah tersebut ditemukan mati, Hal ini membuat Tulus melakukan aksi nyata dengan kampanye #JanganBunuhGajah. Kampanye penyelamatan Gajah Sumatera yang didukung oleh WWF-Indonesia. Melalui penjualan merchandise bergambar gajah, Tulus menggalang dana dan keuntungannya akan diberikan kepada WWF-Indonesia untuk pemasangan GPS Satellite Collar.

Enam kali sudah Tulus mengadakan konser solo, TULUS: An Introduction (2011), TULUS: Beyond Sincere (2012), TULUS: Konser Diorama (2013), TULUS: Konser Gajah Bandung (2014), TULUS: Konser Gajah Jakarta (2014) dan TULUS: Konser Gajah Yogyakarta (2015).

Di tahun 2015, Tulus berhasil memboyong pulang lima penghargaan dari AMI Awards 2015. Lima kategori tersebut seperti Penyanyi Pop Pria Terbaik, Penulis Lagu Pop Terbaik, Album Pop Terbaik, Karya Produksi Terbaik Terbaik dan Album Terbaik.

26 Februari dirilis single terbaru Tulus berjudul Pamit, kembali bekerja sama dengan Ari Renaldi sebagai produser. Ari juga akan menjadi produser untuk album ketiganya nanti. Single ini didukung oleh string section dari The City of Prague Philharmonics. Total 50 musisi terlibat di dalam proses rekaman yang dilakukan di Indonesia dan di salah satu studio terbesar di Praha, Republik Ceko.

Discography 


Tulus (2011)


Gajah (2014)