FOTISIMINI (18 Maret – 25 Maret 2017)

Terbentuk di 1992 dengan nama Flake Music sampai 1999, The Shins populer lewat lagu “New Slang” yang menjadi soundtrack film Garden State di 2004, dibintangi Zach Braff dan Natalie Portman. Lagu ini juga dipakai untuk iklan makanan cepat saji. The Shins menerima banyak keuntungan komersil sampai bisa mendirikan studio rekaman sendiri.

Lima album yang dirilis The Shins, Oh Inverted Word (2001), Chutes Too Narrow (2003), Wincing the Night Away (2007), Port of Morrow (2012) dan Heartworms (2017). Rolling Stone menyebut The Shins sebagai band yang dipengaruhi band era 1960an seperti the Beatles, the Zombies sampai the Beach Boys.

The Shins dinominasikan di Grammy Awards sebanyak dua kali, Best Alternative Album untuk album Chutes Too Narrow dan Best Recording Package untuk lagu Saint Simon. Album ketiga, Wincing the Night Away debut di posisi 2 tangga album Billboard 200, tertinggi yang pernah diraih. Diproduseri peraih 10 Grammy Award, Joe Chicarelli (The White Stripes).

Meski tidak bersama Dave Hernandez, Marty Crandall dan Jessie Sandoval, James Mercer tetap melanjutkan The Shins sebagai one mand band. Bersama Danger Mouse di Broken Bells, membuat James mulai berani untuk kolaborasi. Bekerja sama dengan Greg Kurstin sebagai produser, merilis Port of Morrow (2012) dengan single “Simple Song” meraih posisi 10 besar di Billboard Alternative Charts.

The Shins kembali dengan album Heartworms rilis 10 Maret 2017. Dipengaruhi Ariel Pink, serial televisi fiksi sains Inggris, Black Mirror, penulis dan penyanyi country Merle Haggard, astronomer Denmark abad ke-16, Tycho Brahe sampai Missy Elliott. Untuk promosi, James Mercer membuat kaos dengan desain dari aplikasi Pasted, yang ia buat. Aplikasi ini juga bisa dipakai untuk membuat flyers band.