Browse By

FOTISMINI (4 – 11 Maret 2017)

Bertemu semasa kuliah di Universitas Notthingham, Hannah Reid (vokal), Dan Rothman (gitar) dan Dominic “Dot” Major (multi instrumentalis) membentuk London Grammar. Rajin tampil di bar lokal sampai akhirnya menarik perhatian pihak label rekaman yang menyaksikan mereka. “Hey Now” debut pertama dirilis di 2012, banyak disimak di Youtube dan versi remix oleh The Shoes menjadi kampanye iklan busana, Dior.

Album perdana, If You Wait, rilis 9 September 2013, di posisi kelima album dengan penjualan terbaik sepanjang 2014. Penghargaan yang didapat di 2014 yaitu, Ivor Novello Awards kategori Best Song Musically and Lyrically untuk single “Strong”, AIM Independent Music Award kategori Independent Breakthrough of the Year dan PPL Award for Most Played New Independent Act.

London Grammar dikenal dengan musik minimalis yang dibawakan dengan instrumen piano, gitar dan sparring percussion. Vokal Hannah Reid mengingatkan banyak orang dengan gaya menyanyinya Joni Mitchel. Sering terdengar menyanyikan lagu dengan tempo pelan, mereka juga bisa menyanyikan musik dengan tempo cepat seperti lagu “Help Me Lose My Mind” bersama Disclosure.

Setelah merilis album debut dengan pujian, laris tampil di tur dan memenangkan penghargaan, London Grammar seakan menghilang. Tahun ini mereka kembali dengan dua single baru, “Rooting for You” dan “Big Picture”. Meski belum mengumumkan jadwal perilisan album kedua, mereka dipastikan tampil di Festival Glastonburry 2017 ini.

Lewat akun Facebook dan Twitter, London Grammar merilis “Rooting for You” pada 1 Januari 2017. Versi lain single ini direkam secara langsung dengan live orchestra. Ditulis oleh London Grammar, diproduseri Paul Epworth dan MyRiot.

Discography

 London-Grammar-Metal-Dust

Metal & Dust (2013, EP)

814Z+KQl43L._SL1500_

If You Wait (2013)