FOTISMINI (8 – 15 April)

Katheryn Elizabeth Hudson, adalah nama lengkap dari Katy Perry, penyanyi dan penulis lagu asal California, AS. Katy memegang rekor sebagai penyanyi wanita pertama yang memiliki 5 single nomor satu di album yang sama, Teenage Dream (2010). Tahukah Bujang Dare, rekor ini pernah diraih Michael Jackson untuk album Bad (1987).

Sebelum dikenal sebagai penyanyi pop seperti sekarang, Katy justru memulai karir sebagai penyanyi gospel dengan merilis album Katy Hudson (2008). Meski mendapat penilaian baik oleh kritikus musik, album tersebut laku terjual 200 copy saja. Katy beralih ke musik pop dengan lagu yang bercerita tentang asmara sampai pria.

Katy bergabung dengan label Capitol Records dan merilis EP digital, Ur So Gay (2007). Dilanjutkan dengan single “I Kissed A Girl”, menjadi favorit dan menempati posisi pertama di Billboard Hot 100, pertama diraih Katy. Ia sukses dengan album One of the Boys (2008), Teenage Dream (2010) dan Prism (2013), ketiga album tersebut terjual ratusan juta copy di seluruh dunia.

Sepanjang karirnya Katy memenangkan 5 American Music Awards, 14 People’s Choice Awards, 4 Guinness World Record, 1 Brit Award dan 1 Juno Award. Akumulasi dari album kedua, Katy memiliki 9 single nomor satu di Billboard Hot 100. Katy tampil di halftime show Super Bowl XLIX di 2015 dan disimak 118,5 juta viewers di Amerika Serikat, terbanyak dalam sejarah Super Bowl.

Pengisi suara Smurfette di The Smurfs ini menulis lagu “Chained to the Rhythm” bersama Skip Marley dan Sia Furler. Single yang diproduseri Max Martin dan Ali Payami ini akan hadir di album kelima Katy. Dalam wawancara bersama Ryan Seacrest, Katy menyampaikan bahwa ia ingin mencoba bekerja sama dengan produser dan kolaborator baru. Seperti apa? Bujang Dare nantikan saja.

Discography

Katy_Hudson_album

Katy Hudson (2001)

Katy_Perry_-_One_of_the_Boys

One of the Boys (2008)

Teenage_Dream_single_cover

Teenage Dream (2010)

Katy_Perry_-_Prism_cover

Prism (2013)