Browse By

Galakan Budaya Untuk Aset Wisata

Warta Volare Edisi 4 Maret 2015

Pontianak – Kegiatan budaya dan kesenian yang mulai marak di Kota Pontianak menjadi perhatian serius DPRD, mengingat banyanya budaya dari etnis yang ada menjadi kekuatan di tengah perbedaan yang ada,

“Walaupun banyak perbedaanya tapi kita memiliki semangat yang sama untuk membangun Kota Pontianak lebih baik. Saling hormat-menghormati pun sangat kental sehingga satu budaya dengan yang lain bisa berkalaborasi,” kata Anggota Komisi D DPRD Kota Pontianak, Anwar Ali.

Ia mengungkapkan, setiap even kesenian yang ada menjadi kekuatan bagi pemerintah untuk mengemasnya sebagai icon pariwisata.

“Ini anugerah daerah kita banyak mmeiliki aneka ragam budaya. Ini bisa menjadi keunggulan kita dengan mengemasnya dan dijual dalam paket wisata kita. Bagaimana pun, Kota Pontianak tidak kalah dengan daerah yang lain, tinggal pengemasan budayanya yang harus rapi dan meriah,” rerangnya.

Sejauh ini, pihaknya belum mengagendakan pembahasan ini dengan Dinas Pariwisata tetapi tidak menutup kemungkinan ke depan agenda rapat bisa digelar.

“Pastinya Komisi D akan mempertanyakan sejauh mana peran dinas dalam melihat peluang ini karena yang kita lihat belum maksimal, masih banyak peluang yang bisa digali dalam memajukan sektor pariwisata dengan menjual aneka ragam budaya dan kesenian lokal,” terangnya.

Ia mengungkapkan, menjual budaya seperti yang dilakukan di Bali sangat menjual dan disenangi para wisatawan.

“Nah, ini kan bisa dijadikan pelajaran bagi dinas kita untuk benar-benar membuat program dan even yang pas dengan budaya lokal. Jika dikemas baik, saya yakin Pontianak tidak akan kalah dengan Bali maupun daerah budaya wisata lainnya. Jika mereka bisa, kita pun bisa harusnya seperti itu,” paparnya. (sis)