Browse By

Galih’s Top 10 of 2010 – 10 Cover Version Rock Terunik

Galih’s Top 10 of 2010
10 Cover Version Rock Terunik


Jangan kuatir kalau suatu saat semua kombinasi not musik sudah terpakai seluruhnya dan membuat setiap lagu baru yang diciptakan dituduh plagiat. Karena selalu masih ada kesempatan untuk membuat cover version, kalau perlu membuat cover version of cover version. Cover version sendiri merupakan istilah yang digunakan saat sebuah lagu (yang biasanya ngetop) dinyanyikan ulang oleh penyanyi/artis lain.

Banyak cover version yang dinyanyikan dengan baik, tetapi kalau mirip-mirip saja dengan versi originalnya, kok rasanya kurang segar. Jadi, berikut daftar 10 lagu cover version terheboh yang menimbulkan nuansa baru, menurut versi saya di tahun 2010 (beberapa memang berasal dari album tahun 2009, tetapi dilepas ke pasaran tahun 2010). Kalau ada pendapat lain, silakan ditambahkan, lho! Bujang Dare bisa klik judul lagu untuk dengarkan seperti apa lagunya dan lihat videonya.

10. Stryper – Carry  On Wayward Son (Kansas)

Dari Album Stryper –  The Covering (2011)

Kansas salah 1 grup prog-rock. Lagu yangg tidak terlalu mangalami perubahan namun cukup mengobati rasa rindu kita pada masa jaya progresif rock era awal.

9. Santana – Whole Lotta Love (Led Zeppelin)

Dari Album Santana – Guitar Heaven The Greatest Guitar Classics of All Time (2010)

Tarikan vokal Chris Cornell yang khas menjadikan lagu ini terasa menarik saat Santana mencoba mencoba membawakan lagu lagu klasik rock yg berpengaruh bagi bagi dirinya. Nuansa rock latin cukup terasa karena ini adalah ciri Santan yang selalu melekat di tipe lagu apapun garapan dari Santana.

8. Avenged Sevenfold – Walk (Pantera)

Dari Album Avenged Sevenfold – Diamond At The Rough (2009) / Various Artist – A Tribute To Dimebag Darrel (2009)

Kegaharan vokal dari Paul Anselmo pantera dan raungan gitar Dimebag Darrel coba di angkat kembali oleh Avenged Sevenfold. Tipe vokal M. Shadows yang mempunyai kemiripan dengan Paul membuat lagu ini tidak terlalu banyak berubah, tetap mempunyai rasa asli Pantera. Dan ini adalah salah satu karya brilian dari alm. Dimebag Darrel.

7. Cradle Of Filth – Hallowed Be Thy Name (Iron Maiden)

Dari Album Cradle Of Filth – Lovecraft & Witch Hearts

Warna gelap dari dan sangat suram dari salah 1 dedengkot Black metal ini sngat tersa sekali dari lagu asli yg di populerkan oleh Iron Maiden. Intro awal yg mencekam membawa kita dalam suasana gelap. Mereka mencoba menghilangkan rasa dari Bruce dkk dan menarik lagu ini kearah gelap khas Cradle Of Filth

6. Yngwie Malmsteen – Beat It (Michael Jackson)

Dari album Yngwie Malmsteen – High Impact (2009)

Yngwie membawakan lagu Deep Purple atau Jimi Hendrix memang sudah biasa. Tapi lagu Michael Jackson? Hampir tak dapat dipercaya. Tapi itulah yang terjadi. Yngwie membawakan “Beat It” dengan vokalis Tim “Ripper” Owens yang entah bahagia ataukah dengan terpaksa melakukan tugas ini (jangan-jangan Ripper Owens menyanyikan ini dengan gaya robot stress ala MJ). Sedahsyat apapun Yngwie nge-shred, tidak menghapus roh MJ sehingga membuat lagu ini terdengar sangat dipaksakan. Mengingat Yngwie pernah membuat lagu berjudul “Krakatau”, siapa tahu nanti Yngwie berpikir untuk meng-cover “Bengawan Solo”?

5. Atreyu – Living On The Edge (Aerosmith)

Dari Album Atreyu – Covers Of  Damned

Salah satu lagu Aerosmith ini di coba di bangkitkan kembali oleh band metalcore Atreyu yg sebelumnya juga pernah meng-cover lagu You Give Love a Bad Name. Living on the Eedge sendiri coba mereka garap tanpa terlalu banyak mengubah rasa dari lagu aslinya hanya sentuhan2 modern dari distorsi gitar dan juga warna vocal yang lebih gahar. Karena Atreyu sendri menggunakan 2 vokalis untuk scream dan juga melodic vocal.

4. Forever Never – Bombastic (Shaggy)

Forever Never – I Can’t Believe It’s Not Metal (2010)

Turut serta vokalis dari band raga metal Skindred membantu part2 regge dari lagu yg aslinya adalah lagu hip hop reggae yang pernah sangat populer oleh Shaggy. Penambahan distorsi yg membuat lagu ini menarik dan terdengar lebih atraktif dan juga nakal juga kental irama Raggae Metal.

3. Children of Bodom – Oops! I Did It Again (Britney Spears)

Dari album Children of Bodom – Are You Dead Yet? (2005) / The Skeleton Keys(2009)

Style death metal Children of Bodom (CoB) mungkin masih nyambung saat meng-cover lagu Powerslave & Aces High (Iron Maiden), bahkan Talk Dirty To Me (Poison). Tapi meng-cover salah satu lagu paling populer Britney Spears? Hebatnya, CoB berhasil melakukannya dengan sukses (bagi penggemar metal, tapi mungkin pelecehan bagi penggemar pop). Harus diakui CoB adalah master of cover version. Sayang, Britney Spears tidak membalasnya dengan meng-cover salah satu lagu Children of Bodom.

2. Kusudama – Mary Had A Little Lamb (Paul McCartney)

Dari Album Kusudama – Jazz TV EP

Band Beraliran jazzcore ini mengubah habis-habisan  lagu folk yg pernah dipopulerkan Paul McCartney hingga tak bisa dikenali lagi? Berubah total dibalut musik jazzcore atraktif progresif yang akan membuat orang yang mengenal lagu aslinya akan bengong. Itulah kreatifitas tanpa batas, mereka mendobrak pakem2 yg ada dalam music, menjadikannya alternative lain penikmat music terutama metal.

1. van Canto – Master Of Puppets (Metallica)

Dari album van Canto – Tribe of Force (2010)

van Canto adalah band “a cappella” beraliran.. metal! Beberapa cover versionnya antara lain “Battery”,  “Fear of the Dark” (Iron Maiden), “Wishmaster” (Nightwish). Semua covernya memang unik, tapi kadang unsur metalnya terdengar kurang, karena harus diakui suara “ridlilili dum dum tum tum humpimpla” ala van Canto belum bisa menandingi sangarnya sound metal gitar elektrik. Tapi saat menyanyikan Master Of Puppets, warna metalnya terdengar klop dan unsur garang dari lagu ini lebih terasa dan akan membuat kita yang mendengarkan sedikit tersenyum kan kemampuan accapella mereka dalam metal. Unik.