Gaungkan Kesetaraan Gender

Pontianak – Walikota Pontianak, Sutarmidji, kesetaraan gender antara kaum laki-laki dengan perempuan, hal itu tidak perlu dikuatirkan.

Sebab kata Midji, di Kota Pontianak terutama di jajaran Pemkot, dirinya sudah menerapkan kesetaraan gender dengan memberikan kepercayaan kepada kaum perempuan untuk menduduki jabatan-jabatan strategis yang umumnya dipimpin kaum pria.

“Misalnya Inspektorat, Kasatpol PP, Kepala Dishubkominfo dan beberapa kepala SKPD dipimpin kaum perempuan,” ujarnya.

Di lain hal, pihaknya kan terus berupaya melakukan pencegahan dengan mengkampanyekan agar tidak terjadi tindak kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) maupun terhadap anak-anak.

Upaya konkrit yang dilakukan pihaknya untuk mencegah terjadinya perdagangan orang (human trafficking) maupun kaum perempuan yang kerap menjadi korban perdagangan manusia, yakni dengan menggelar secara rutin razia rumah-rumah kos dan penginapan yang disinyalir sebagai tempat praktek prostitusi.

“Kita selalu gencar dan rutin melakukan razia rumah-rumah kos atau hotel-hotel yang disinyalir sebagai tempat praktek prostitusi,” terang Sutarmidji.

Sebelumnya, Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) dapil Kalbar, Hj. Rubaety Erlita Prabasa, S.Sos.I, S.H, mengungkapkan perempuan, memiliki peluang yang besar untuk berada di legislatif  maupun eksekutif di berbagai tingkatan. Sebab secara demografi, penduduk Indonesia lebih banyak perempuan dibanding laki-laki. Hanya saja diakuinya kekuatan politik perempuan diakuinya belum terkonsolidasi dengan baik sehingga berbagai kebijakan afirmatif action untuk perempuan belum dapat dimanfaatkan secara optimal.

Begitu juga kesadaran dan kapasitas politik perempuan perlu terus ditingkatkan. Sehingga ketika duduk di lembaga legislatif, eksekutif maupun yudikatif dapat memberikan kontribusi terhadap perubahan arah kebijakan yang mampu mendorong peningkatan partisipasi politik perempuan. (Wati Susilawati)