Gencar Sosialisasikan SMSbunda

Pontianak – Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak akan memperluas cakupan layanan SMSbunda dengan mensosialisasikannya di seluruh posyandu yang ada di Kota Pontianak. SMSbunda merupakan layanan gratis untuk mendapatkan informasi dan tips-tips kesehatan bagi ibu hamil hingga anaknya berusia 2 tahun melalui SMS. Layanan pesan singkat yang bermanfaat bagi ibu hamil dan bayi ini sebelumnya sudah diluncurkan di Kota Pontianak pada tahun 2015 lalu. Di Kalbar, Kota Pontianak merupakan yang pertama melaunching SMSbunda.
“Jadi melalui SMSbunda, bisa memantau anak-anak atau bayi yang memang perlu dipantau kondisi kesehatannya secara rutin. Orang tua juga bisa tahu bagaimana penanganan yang harus dilakukan terhadap anaknya,” ujar Walikota Pontianak, Sutarmidji saat membuka Jambore Posyandu Tingkat Kota Pontianak 2016 di halaman Kantor Camat Pontianak Barat, Rabu (11/5).

Dengan SMSbunda akan semakin mempermudah masyarakat terutama ibu hamil dan bayi dalam memperoleh informasi yang benar terkait kondisi kesehatan dan penanganannya sehingga dapat mencegah kematian ibu dan bayi. Kematian ibu hamil atau saat melahirkan lebih banyak disebabkan ketidaktahuan ibu atau keluarga untuk merespon suatu kondisi bahaya sehingga sudah terlambat saat dibawa ke layanan kesehatan. Kondisi-kondisi bahaya ini yang nantinya akan diinformasikan melalui layanan SMSbunda.

“Layanan SMS ini juga akan memberikan informasi lain mengenai tumbuh kembang anak. Dengan dukungan teknologi seperti ini sangat bermanfaat dalam kaitan penanganan kesehatan ibu dan bayi,” tuturnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak, Sidiq Handanu menambahkan, SMSbunda ini merupakan salah satu upaya dari Kementerian Kesehatan RI bekerja sama dengan Jhpiego untuk promosi kesehatan. Upaya ini ditekankan pada seribu hari kehidupan,  seribu hari kehidupan itu adalah suatu masa atau periode emas yang dimulai ketika ibu-ibu hamil sampai dengan anak umur 2 tahun.
“Pada periode itu terjadi perkembangan yang luar biasa terutama dari sisi intelegensia atau otak manusia sehingga pada masa itulah upaya-upaya promosi kita tingkatkan,” imbuhnya.
Dijelaskannya, melalui SMSbunda ini, ibu hamil akan menerima pesan-pesan kesehatan melalui sms di handphone yang sudah didaftarkan sebelumnya. Pesan yang diterima masing-masing ibu hamil pun berbeda-beda, tergantung usia kandungan.
“Ketika kandungan memasuki usia 4 bulan, pesan yang diterima berbeda dengan usia kandungan 5 bulan dan seterusnya. Demikian pula ketika bayi berusia 1 tahun, ibu akan diingatkan untuk melakukan imunisasi terhadap anaknya,” jelasnya.
Ketua TP-PKK Kota Pontianak, Lismaryani Sutarmidji mengatakan, launching SMSbunda ini sebagai langkah awal dalam upaya mencegah kematian ibu dan bayi. Pihaknya melalui kader-kader TP-PKK mulai tingkat kota, kecamatan hingga kelurahan akan bergerak mensosialisasikan SMSbunda terutama bagi ibu-ibu hamil.
“Kami dari TP PKK Kota Pontianak menyambut baik dan mendorong sekali dengan program ini. Kami akan menggerakkan TP PKK di tingkat kecamatan dan kelurahan untuk mengikuti SMS Bunda. Semua itu upaya kita dalam rangka untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat khususnya pada ibu hamil,” pungkasnya.
Untuk mendapatkan layanan SMSbunda ini caranya cukup mudah. Ibu hamil cukup mendaftarkan melalui sms dengan mengetik SMSbunda dan kirim ke nomor 08118469468. Saat mengirimkan sms pendaftaran tersebut, akan dikenakan tarif SMS normal. Setelah itu, ibu hamil akan menerima SMS sejak hamil hingga anak mencapai usia 2 tahun secara gratis. (Wati Susilawati)