Browse By

Hari Radio Sedunia, Dengar Radio Yok!

Stasiun radio adalah stasiun yang memberikan layanan penyiaran audio (suara) melalui udara sebagai gelombang radio dari sebuah antenna pemancar (transmitter) ke alat penerima. Radio juga merupakan salah satu media massa elektronik yang fungsinya sebagai penyampaian informasi kepada khalayak dalam ruang lingkup yang luas dan dapat dilakukan secara serentak.

Radio dapat memperpendek jarak dan mempersempit kesenjangan strata kehidupan masyarakat, serta memberikan peluang untuk memperkaya pengetahuan dan wawasan masyarakat sebagai audiens untuk semakin terbuka terhadap perubahan yang terjadi.

Radio memiliki beberapa kelebihan sebagai berikut:

  1. Memiliki sifat cepat karena menggunakan ranah publik yaitu frekuensi bahkan online sebagai alat antar informasinya.
  2. Tanpa batas karena yang menjadi alat antar informasinya gelombang elektro magnetic yang bisa diakses atau didengarkan dimana saja dan kapan saja.
  3. Radio juga bersifat pribadi karena dapat membuat pendengar merasa akrab dengan penyampaian informasi.

Tetapi di zaman yang sudah modern seperti saat ini, radio sudah mulai tersisihkan dengan berbagai media baru yang bermunculan. Media baru tersebut menampilkan visualitas dan audio yang menarik. Tetapi kesibukan pada zaman sekarang juga tidak kalah penting untuk dilakukan ketimbang harus duduk dan fokus untuk mengatahui info terbaru di sekitar kita. Radio masih bisa menjadi pilihan terbaik untuk mengetahui informasi yang lagi populer, saat masyarakat harus berkerja atau melakukan aktivitas yang membutuhkan penglihatan hanya pada pekerjaannya.

Masyarakat perlu tahu pentingnya mendengarkan Radio untuk saat ini. Karena info yang diberikan pasti terbaru dan tidak membutuhkan ruangan khusus untuk mendengarkannya. Apalagi zaman internet yang sudah semakin maju, Radio pun dapat didengar di mana saja dengan memanfaatkan layanan streaming.

Demi memperingati Hari Radio Sedunia pada tanggal 13 Februari 2015, Radio Volare mengusung kampanye #DengarRadioYok untuk mempertahankan eksistensi Radio saat ini.

Mau tahu lebih lanjut “Manfaat Masyarakat Mendengarkan Radio” dan “Zaman Internet Gini, Kenapa Masih Dengarin Radio?” Simak bincang-bincang bersama Dra. Sarmini dari KPID Kalimantan Barat, Faisal Adireza dari Forum Pekerja Radio, Eldi Harpenjhoni dari Radio Kenari pukul 09.00-10.00 WIB. Dan Widodo Prihadi dari Radio Kita, Mia Pratiwi dari Radio Mujahidin, dan Odien Mahyudin dari Radio Primadona pukul 16.00-17.00 WIB. Semuanya pada hari Jumat, 13 Februari 2015.

Simak acaranya hanya di Volare 103.4 FM atau pengen streaming bisa kunjungi www.volarefm.com

Dengar Radio Yok!