Harus Dimulai Dari Setiap Individu

Pontianak – Duta Lingkungan Hidup Kota Pontianak, Trisakti Nugroho, mengungkapkan untuk membuat sebuah kota yang hijau, harus dimulai dari setiap individu ataupun dari kesadaran masyarakat sendiri.

“Hal yang paling mudah kita lakukan adalah menanam pohon di pekarangan rumah, dengan demikian kita telah mendukung program penghijauan dari pemerintah,” katanya.

Ia menyatakan, program kerja dari Duta Lingkungan Hidup Kota Pontianak, yaitu “tanganku hijaukan rumahku dalam memajukan Kota Pontianak dengan sistem lingkungan”.

Pihaknya, menurut dia, secara rutin telah melakukan edukasi ke setiap sekolah dan masyarakat yang ada di Kota Pontianak, terkait betapa pentingnya menanam dan memelihara pohon. dan hal itu, menjadi tugas bersama untuk mengedukasi masyarakat Pontianak.

Sebelumnya, Walikota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono mengajak masyarakat untuk meningkatkan penghijauan dan menjaga kebersihan di Kota Pontianak.

“Kota Pontianak menjadi peringkat pertama di Kalbar yang dinilai bersih, terlebih di lapangan banyak ditemui pepohonan sebagai penopang udara bersih,” ujarnya.

Edi juga mengajak warga untuk berpartisipasi aktif menciptakan suasana Kota Pontianak menjadi kota yang teduh dan bersih dengan tidak membuang sampah sembarangan, tidak melakukan penebangan pohon tanpa seizin Walikota serta menggalakkan penanaman pohon di pekarangan masing-masing.

“Kita tidak segan menindak tegas bagi warga yang melanggar aturan tersebut, sebab terciptanya kondisi Kota Pontianak yang teduh dan bersih, tentunya akan memberikan dampak baik bagi psikologis warga,” tegasnya. (Wati Susilawati)