Browse By

Hati-Hati Penipuan Tenaga Honorer

Warta Volare – 25 April 2013

Dengan mengatasnamakan Badan Kepegawain Daerah (BKD) kota Pontianak, puluhan tenaga honorer Kota Pontianak ditipu oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Dengan cara meminta korban mentransfer sejumlah uang, oknum tersebut menjanjikan akan meluluskan korban menjadi PNS tanpa melalui tahap seleksi.

Kepala BKD Kota Pontianak, Zumiyati yang ditemui di ruang kerjanya pagi ini menyatakan BKD tidak pernah menjanjikan kepada tenaga honorer untuk dapat diangkat sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)  dengan melalui cara-cara yang melanggar hukum dan meminta sejumlah uang, tetapi tenaga honorer harus mengikuti prosedur dan mekanisme  pengangkatan sebagai CPNS yang ditelah ditetapkan pemerintah. 

Ia mengungkapkan berdasarkan keterangan dari pihak korban, tenaga honorer tersebut ditelpon oleh pelaku penipuan untuk mengirimkan atau mentransfer sejumlah uang  agar mereka bisa lulus PNS tanpa mengikuti seleksi. Uang yang dikirim beragam yakni mulai dari Rp 500 ribu sampai Rp 5 juta, yang lebih menyakinkan lagi  para korban penipuan ini diminta untuk mengirimkan data yang berkaitan dengan pengangkatan PNS. 

Menurut Zumiyati laporan pengaduan penipuan ini sudah diterima sekitar beberapa minggu lalu, baik melalui telpon, SMS, maupun yang langsung datang ke BKD Pontianak. Sebagai tindak lanjut dari laporan tersebut, BKD telah menyampaikan surat edaran penipuan kepada Kepala Dinas Pendidikan kota Pontianak, karena sebagian besar yang mengalami penipuan adalah guru-guru Sekolah. 

Zumiyati menambahkan apabila ada yang meminta sejumlah uang atau dalam bentuk apapun dengan mengatasnamakan BKD Kota Pontianak untuk mengurus pelayanan adiminstrasi kepegawaian di BKD maka informasi tersebut tidak benar dan dihimbau untuk tidak di tanggapi karena merupakan penipuan. Walaupun memang ada informasi PNS, BKD secara resmi akan langsung menyurati instasi terkait.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kota Pontianak, Mulyadi yang ditemui di ruang kerjanya meminta kepada masyarakat, orang tua dan tenaga honor yang ada di kota Pontianak untuk berhati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan BKD Pontianak. 

Ia juga menghimbau kepada tenaga honor agar tidak mudah percaya dengan pengangkatan PNS tanpa seleksi. Apalagi disertai dengan permintaan untuk menstransferkan uang.  (Lnd)