Hijabers Mom Comunity dan PMI Gelar Donor Darah

Pontianak – Hijabers Mom Comunity (HMC) Pontianak bekerjasama dengan PMI Kota Pontianak menggelar aksi donor darah, Minggu (15/5) lalu.

Menurut ketua HMC Kota Pontianak, Eliswita, kegiatan donor darah merupakan agenda lama HMC dengan tujuan berbagi.

“Ini agenda kita jauh-jauh hari. Karena ini tujuan sosial dan tentu ini menjadi upaya bersama menjaga ketersediaan darah di PMI. HMC ini berbagai bersama, baik itu kegiatan, informasi kegiatan sosial maupun kajian rutin kepada masyarakat agar mau berpartisiapasi,” ujarnya.

Bunda Elis, panggilan wanita berkulit putih ini menyadari pentingnya berdonor bagi kesehatan kita.

“Berdonor itu baik untuk tubuh manusia. Selain membantu sesama, berdonor juga mampu meningkatkan metabolisme tubuh. Nah, ini kegiatan dengan berbagai manfaat, dapat membantu sesama dan dapat membantu tubuh kita sendiri dalam membentuk ketahanan tubuh,” paparnya.

Kegiatan yang dimulai pukul 06.00 WIB banyak diisi dengan sejumlah kegiatan, seperti senam sehat, bazar hingga foto contest.

Ketua PMI Kota Pontianak, dr Darmanelly, mengungkapkan pihaknya terus bekerjasama dengan sejumlah pihak untuk aksi donor darah, termasuk HMC Pontianak.

“Kita memang menggandeng para stakeholder yang ingin bergabung untuk aksi donor darah. Sebenarnya, ini sudah program lama kita gaungkan dan sekarang pun terus kita gaungkan aksi-aksi serupa,” paparnya.

Ia mengungkapkan, banyak pihak sangat baik merespon rencana aksi yang digalang PMI Kota Pontianak, termasuk menggandeng komunitas perempuan, seperti HMC dengan para komunitas muslimah yang kerap menggelar berbagai kegiatan sosial dan kajian agama.

“Sebenarnya semua kita sasar, tapi kan ada komunitas perempuan yang sosial, pengajian maupun politik, kita gandeng dan alhamdulilah responnya cukup membuat terkejut karena mereka mau berpartisipasi,” terang dia.

Ia mengungkapkan, saat ini kebutuhan darah di Kota Pontianak relatif stabil dan hal itu pun terus diupayakan meningkat.

“Makanya, tak henti-hentinya saya mengimbau masyarakat untuk mendonorkan darahnya, karena saat melakukan donor darah, bukan hanya membantu menyelamatkan nyawa orang lain, donor darah juga bisa mensterilkan darah-darah di tubuh dan itu menyehatkan tubuh,” terangnya. (Wati Susilawati)