Browse By

HijabersMom Community Gelar Seminar Produk Halal Gugah Sensivitas Masyarakat

Pontianak – Guna lebih menumbuhkan sensivitas masyarakat, khususnya masyarakat Pontianak akan produk makanan halal maupun non halal, Hijabersmom Community (HMC) menggandeng Muslim Food Indonesia (MFI) dan Pondok Modern Munzalan Asbabul Yamin (PMMAY)  menggelar “Seminar Hidup Sehat dan Berkah dengan Mengkonsumsi Produk Halal” di Auditorium Untan tanggal 29 November mendatang.

Menurut Ketua HMC Pontianak Eliswita, sebagai  kader-kader muslim kehatian-hatian sangat diperlukan saat mengkonsumsi makanan, terutama memastikan apa yang dikonsumsi halalan toyyiban (baik, red) dan tidak mengandung unsur non halal.

“Seminar ini nantinya akan memberikan pemahaman tentang kualifikasi makanan yang halal dan sikap memilih yang bijak akan produk yang belum bersertifikat halal. Kita harus sangat berhati-hati memilah milah produk yang banyak beredar,” katanya, Selasa (24/11).

Diakuinya, banyak masyarakat sudah mulai mengerti akan pentingnya produk yang bersertifikat halal.

“Sebagai seorang muslim wajib hukumnya mengetahui kehalalan produk yang dimakannya. Dan kehati-hatian memilah tempat makan apakah sudah mengantongi sertifkasi halal dari MUI. Saya harap seminar ini bisa banyak membawa kebaikan dan keberkahan. Terpenting menumbuhkan kesadaran untuk membuat setiap produk di rumah makan, restoran maupun catering rumahan dari bahan-bahan halal lagi baik,” papar wanita yang akrab disapa bunda ini.

Ketua panitia kegiatan seminar, Wati Susilawati, mengungkapkan bahwa ini bukanlah seminar biasa.  Mengingat, tidak hanya seminar  tapi lomba masak hingga bazar produk halal juga digelar. Tak ketinggalan, motivasi singkat dari Ustad Lukmanul Hakim dan tips-tips jeli melihat berbagai ragam produk makanan yang beredar di pasaran.

Seminar ini juga akan menghadirkan narasumber dari MUI, pemerhati produk makanan halal hingga pakar kuliner halal, chep Yudha.

Menariknya kata perempuan berhijab ini, setiap peserta yang sudah melakukan registrasi infaq Rp 35.000 akan mendapatkan buku  ‘Panduan Menghindari Produk Haram’ dan voucher dari sponsor.

“Kita ada infaq Rp 35.000. Nah, nanti peserta akan mendapatkan buku dan voucher cuma-cuma ini,” katanya.

Tidak hanya itu, para peserta umum ini pun akan dimanjakan dengan beragam deretan bazar makanan halal maupun produk lainnya.

Sementara untuk lomba masak, nantinya para pemenang akan mendapatkan uang tunai dengan total jutaan rupiah, piala, piagam hingga voucher dari sponsor.

“Silahkan datang, karena ini bukan seminar biasa bukan bazar biasa dan bukan lomba masak biasa. Selain mendapat ilmu, peserta bisa menjadi corong dakwah bagaimana memilah produk halal dan non halal. Karena sebaik-baiknya orang, adalah orang yang memberi manfaat bagi orang lain,” ucapnya. (sis)