#howtosayit : After A Fashion

Bujang Dare, kita akan membahas cara pengucapan dan penggunaan sebuah idiom yang sering native speaker Bahasa Inggris gunakan sehari-hari. Idiom merupakan sebuah kata atau gabungan dua kata atau lebih yang memiliki makna berbeda, namun ketika disatukan akan membentuk makna baru yang berbeda dari makna kata aslinya.

Idiom yang akan kita bahasa hari ini adalah ‘AFTER A FASHION’. Idiom ini terdiri dari 3 buah kata yaitu kata AFTER, artikel A, dan FASHION. Kata AFTER yang ejaannya A-F-T-E-R artinya adalah “Sesudah”. Kemudian ada artikel A yang artinya adalah “Sebuah”. Kemudian ada kata FASHION yang ejaannya F-A-S-H-I-O-N artinya adalah “Gaya Busana / Mode”. Ketika menjadi sebuah idiom, maka AFTER A FASHION artinya adalah “Bisa melakukannya tapi tidak terlalu hebat atau bagus”.
Berikut ini contohnya:

1. Joe, always talk about how good he is at tennis. The other day, some guy at the club challenged him and we found out that Joe played tennis after a fashion. He was beaten badly, 6-love, 6-1. After that match Joe never brags anymore about his tennis.
(Joe selalu berbicara mengenai kebolehannya bermain tenis. Hari itu, seseorang di klab menantangnya dan kami baru tahu bahwa ia tidak begitu mahir main tennis. Ia kalah telak 6-0, 6-1.Setelah pertandingan itu Joe tidak pernah lagi omong besar mengenai tenis-nya)

2. He thanked me—after a fashion—for my help.
(Dia berterimakasih padaku – semacam tak bersungguh-sungguh – atas bantuanku)

3. I can paint after a fashion, but I’m certainly not as good as you.
(Aku tidak terlalu mahir dalam melukis, tapi aku yakin tidak sebaik dirimu)

4. A vegetarian diet is much healthier.’ ‘That’s true after a fashion, although I don’t believe all meat is bad for you.
(Diet seorang Vegetarian memang lebih sehat. Itu ada benarnya juga, tapi aku tetap tidak begitu percaya kalau daging itu buruk untukmu)