#howtosayit : All Over The Shop

Bujang Dare, kita akan membahas cara pengucapan dan penggunaan sebuah idiom yang sering native speaker Bahasa Inggris gunakan sehari-hari. Idiom merupakan sebuah kata atau gabungan dua kata atau lebih yang memiliki makna berbeda, namun ketika disatukan akan membentuk makna baru yang berbeda dari makna kata aslinya.

Idiom yang akan kita bahasa hari ini adalah ALL OVER THE SHOP. Idiom ini terdiri dari beberapa kata yaitu kata ALL, OVER, dan SHOP. Kata ALL yang ejaannya A-L-L artinya adalah “Semua / Seluruh”. Kemudian kata OVER yang ejaannya O-V-E-R artinya adalah “Berakhir, bisa juga berarti Di atas”. Terakhir kata SHOP yang ejaannya S-H-O-P artinya adalah “Toko atau Belanja”. Ketika menjadi sebuah idiom, maka ALL OVER THE SHOP artinya adalah “Sesuatu atau seseorang yang berada dimana saja, atau ditempat yang tidak teratur, terletak ditempat yang tidak rapi, tidak menentu atau bisa juga menggambarkan seseorang yang pelupa dan tidak rapi”.

Berikut ini contohnya:

1. There were bits of paper all over the shop.
(Ada potongan kertas kecil berhamburan)

2. What have you been doing with your clothes? They’re all over the shop!
(Apa yang sudah kamu lakukan pada pakaianmu? Mereka berhamburan dimana-mana)

3. Sorry, I’m a bit all over the shop this morning. I forgot my ticket, my phone… I left my laptop at home. What’s wrong with me?
(Maaf, aku sangat berantakan pagi ini. Aku lupa tiket, hp… dan saya meninggalkan laptop saya di rumah. Apa yang salah denganku?)

4. He left his dirty washing all over the shop. Our house was a real mess!
(Dia meninggalkan cucian kotor dimana-mana. Rumah kami benar-benar berantakan!)