#howtosayit : Beat Around The Bush

Bujang Dare, kita akan membahas cara pengucapan dan penggunaan sebuah idiom yang sering native speaker Bahasa Inggris gunakan sehari-hari. Idiom merupakan sebuah kata atau gabungan dua kata atau lebih yang memiliki makna berbeda, namun ketika disatukan akan membentuk makna baru yang berbeda dari makna kata aslinya.

Idiom yang akan kita bahasa hari ini adalah BEAT AROUND THE BUSH. Idiom ini terdiri dari 3 kata utama yaitu kata BEAT, AROUND, BUSH. Kata BEAT yang ejaannya B-E-A-T artinya adalah “Gerakan/Irama/Denyut/Memukul/Kalah”. Kata AROUND yang ejaannya A-R-O-U-N-D artinya adalah “Sekitar/Sekeliling”. Terakhir kata BUSH yang ejaannya B-U-S-H artinya dalah “Semak”. Ketika menjadi sebuah idiom, maka BEAT AROUND THE BUSH artinya adalah “Berbicara kesana kemari tanpa memberikan jawaban yang jelas atau mengelak menjawab pertanyaan”. Lawan dari idiom ini adalah GET TO THE POINT yang artinya “Langsung saja bicara ke hal-hal yang penting”.

Berikut ini contohnya:

1. Stop beating around the bush and answer my question.
Berhenti bicara ngawur dan jawab pertanyaan ku.

2. Don’t beat around the bush! You have to make it crystal clear.
Jangan bicara tidak jelas! Kamu harus memperjelas semua ini.

3. I don’t want to interview her. I had experienced once, and she liked to beat around the bush and did not answer my question.
Saya tidak ingin mewawancarai dia. Saya sudah merasakannya sekali dan dia sepertinya suka bicara kemana-mana dan tidak ingin menjawab pertanyaanku.

4. Why do you keep on beating around the bush? It’s so annoying.
Mengapa kamu terus bicara ngawur? Itu sangat menyebalkan.