#howtosayit : Break A Leg

Bujang Dare, kita akan membahas cara pengucapan dan penggunaan sebuah idiom yang sering native speaker Bahasa Inggris gunakan sehari-hari. Idiom merupakan sebuah kata atau gabungan dua kata atau lebih yang memiliki makna berbeda, namun ketika disatukan akan membentuk makna baru yang berbeda dari makna kata aslinya.

Idiom yang akan kita bahas hari ini adalah ‘BREAK A LEG’. Idiom ini terdiri dari dua kata utama yaitu kata ‘BREAK’ dan ‘LEG’. Kata ‘BREAK’ yang ejaannya B-R-E-A-K artinya adalah “patah atau merusak”. Kemudian kata ‘LEG’ yang ejaannya L-E-G artinya adalah “Kaki”. Ketika menjadi sebuah idiom, maka ‘BREAK A LEG’ artinya adalah “Semoga sukses”. Ucapan “Break a Leg” kepada seorang teman berarti semoga ia sukses dalam sesuatu yang hendak dilakukannya. Idiom ini berasal dari dunia teater sekitar 100 tahun lalu. Kalangan teater ketika itu khawatir jika “Good Luck” atau selamat diucapkan kepada seorang aktor, pasti sebaliknya yang akan terjadi. Idiom ini mempunyai sinonim yaitu ‘KNOCK ‘EM DEAD’ yang mempunyai arti yang sama yaitu “Semoga sukses”.

Berikut ini contohnya:

1. Don’t be nervous about playing the piano in front of people; you’ll do just fine. Now, go out and break a leg.
(Jangan cemas bermain piano di depan umum, penampilan kamu pasti akan bagus. Sekarang maju saja ke depan dan semoga sukses)

2. Hey Tom! You’re going to do great in the game tonight! Knock ‘em dead.
(Hey Tom! Kamu pasti hebat dalam pertandingan nanti malam. Semoga sukses)

3. ‘Tonight’s the first night of the play.’ ‘Is it? Well, break a leg!’
(Mala mini adalah malam pertama pertandingannya, bukan? Baiklah, Semoga sukses!)

4. Let’s all go and do our best. Break a leg!
(Ayo pergi dan lakukan yang terbaik. Semoga sukses!)