#howtosayit : CARRY ON

Bujang Dare, kita akan membahas cara pengucapan dan penggunaan sebuah idiom yang sering native speaker Bahasa Inggris gunakan sehari-hari. Idiom merupakan sebuah kata atau gabungan dua kata atau lebih yang memiliki makna berbeda, namun ketika disatukan akan membentuk makna baru yang berbeda dari makna kata aslinya.

Idiom yang akan kita bahasa hari ini adalah ‘CARRY ON’. Idiom ini terdiri dari dua kata yaitu kata CARRY dan ON. Kata CARRY yang ejaannya C-A-R-R-Y artinya adalah “Membawa”. Kemudian ada kata ON yang ejaannya O-N artinya adalah “Di atas”. Ketika menjadi sebuah idiom, maka CARRY ON artinya adalah “Terus melakukan atau terlibat dalam sesuatu dan juga bisa berarti mengeluh terus-menerus mengenai sesuatu”.

Berikut ini contohnya:

1. It’s hard to carry on a conversation with anybody and take care of a small child at the same time.
(Sukar untuk terus terlibat dalam pembicaraan dengan siapa saja sambil menjaga anak kecil)

2. Being the eldest son, John is expected to carry on the family tradition by becoming a lawyer.
(Sebagai anak sulung, John diharapkan meneruskan tradisi keluarga dengan menjadi seorang pengacara)

3. If you let him, Dave will carry on about his work place, how unprofessional his colleagues are; how no one realizes his ability and so on.
(Kalau dibiarkan, Dave akan terus-menerus mengeluh mengenai tempat kerjanya, rekan-rekannya yang tak profesional, orang tak menyadari kemampuannya dan entah apa lagi)

4. Billy, stop carrying on about your tummy ache like that.
(Billy, berhentilah mengeluh terus-menerus tentag sakit perutmu seperti itu)