Browse By

#howtosayit: Come Down In The World

Bujang Dare, kita akan membahas cara pengucapan dan penggunaan sebuah idiom yang sering native speaker Bahasa Inggris gunakan sehari-hari. Idiom merupakan sebuah kata atau gabungan dua kata atau lebih yang memiliki makna berbeda, namun ketika disatukan akan membentuk makna baru yang berbeda dari makna kata aslinya.

Idiom yang akan kita bahasa hari ini adalah COME DOWN IN THE WORLD. Idiom ini terdiri dari beberapa kata yaitu kata COME, DOWN, IN dan WORLD. Kata COME yang ejaannya C-O-M-E artinya adalah “Datang”. Kemudian kata DOWN yang ejaannya D-O-W-N artinya adalah “Turun”. Kata IN yang merupakan sebuah kata depan dengan ejaan I-N artinya adalah “Di dalam”. Terakhir kata WORLD yang ejaannya W-O-R-L-D artinya adalah “Dunia”. Ketika menjadi sebuah idiom, maka COME DOWN IN THE WORLD artinya adalah “Sudah tidak disegani atau tidak dihormati lagi, turun statusnya dari segi pangkat maupun kekayaan”. Idiom yang memiliki arti yang mirip dengan idiom ini adalah DOWN ON THEIR LUCK yang artinya adalah “Mengalami nasib buruk atau ditimpa kesusahan”.

Berikut ini contohnya:

1. At one time they were the richest family in my home town, with big parties and surrounded by celebrities. But after losing their money in some high–risk investment, the Browns family has come down in the world, no more parties, no more glittering life.
(Dulu mereka adalah orang terkaya di kota kami, selalu berpesta besar dan dikerubungi selebritis. Tetapi setelah uang mereka punah akibat investasi berisiko tinggi, keluarga Brown sudah turun statusnya dari segi kekayaan maupun kedudukan. Tidak ada lagi pesta besar dan tidak adalah kehidupan yang gemerlapan)

2. They used to live in a big house with lots of servants, but they’ve come down in the world since then.
(Mereka dulunya tinggal di sebuah rumah megah dengan banyak pelayan, namun mereka sudah turun statusnya baik dari segi kekayaan maupun kedudukan sekarang)

3. When we had to sell our house and take a small downtown apartment, we felt we’d really moved down in the world.
(Ketika kami harus menjual rumah kami dan mengambil sebuah apartemen kecil di tengah kota, kami benar-benar merasa telah turun derajat sosial)

4. Mr. Jones has really come down in the world since he lost his job.
(Mr. Jones benar-benar terpuruk sejak kehilangan pekerjaannya)