#howtosayit : DRESSED TO KILL

Bujang Dare, kita akan membahas cara pengucapan dan penggunaan sebuah idiom yang sering native speaker Bahasa Inggris gunakan sehari-hari. Idiom merupakan sebuah kata atau gabungan dua kata atau lebih yang memiliki makna berbeda, namun ketika disatukan akan membentuk makna baru yang berbeda dari makna kata aslinya.

Idiom yang akan kita bahasa hari ini adalah ‘DRESSED TO KILL’. Idiom ini terdiri dari tiga kata yaitu kata DRESSED, TO dan KILL. Kata DRESSED yang ejaannya D-R-E-S-S-E-D adalah bentuk lampau dari kata DRESS memiliki arti “Berpakaian”. Kata TO yang ejaannya T-O artinya adalah “Untuk”. Kemudian kata KILL yang ejaannya K-I-L-L artinya adalah “Membunuh”. Ketika menjadi sebuah idiom, maka DRESSED TO KILL artinya adalah “Gaya berpakaian yang lagi trend atau sesuai mode terkini supaya orang terkesan”.

Berikut ini contohnya:

1. I was very embarrassed when I walked into the party thinking it was informal and found that everyone except me was dressed to kill.
(Saya sangat malu karena tadinya saya pikir pesta ini bukan pesta resmi ternyata begitu masuk saya lihat semua tamu datang dengan gaya pakaian yang lagi trend atau sesuai mode terkini)

2. Margaret wants to make a lasting impression on John. When he arrived to take her out to dinner, she was dressed to kill.
(Margaret ingin membuat John terkesan kepada dia. Ketika John tiba untuk menjemput untuk makan malam bersama, Margaret sudah menunggu dengan gaya pakaian yang lagi nge-trend.

3. When Joe came to pick Mary up for the movie, he was dressedup fit to kill and carrying adozen roses.
(Ketika Joe datang menjemput Mary untuk menonton film, dia berpakaian trendi dan membawa selusin bunga mawar)

4. I’m never dressed to kill. I just try to be neat.
(Aku tidak berpakaian sesuai mode masa kini. I ku hanya mencoba untuk tampil rapi)