Browse By

#howtosayit : FOR THE TIME BEING

Bujang Dare, kita akan membahas cara pengucapan dan penggunaan sebuah idiom yang sering native speaker Bahasa Inggris gunakan sehari-hari. Idiom merupakan sebuah kata atau gabungan dua kata atau lebih yang memiliki makna berbeda, namun ketika disatukan akan membentuk makna baru yang berbeda dari makna kata aslinya.

Idiom yang akan kita bahasa hari ini adalah FOR THE TIME BEING. Idiom ini terdiri dari tiga kata utama yaitu kata FOR, TIME, dan BEING. Kata FOR yang ejaannya F-O-R artinya adalah ‘Untuk’. Kemudian ada kata TIME yang ejaannya T-I-M-E artinya adalah ‘Waktu’. Terakhir ada kata BEING yang ejaannya B-E-I-N-G artinya adalah ‘Menjadi atau Fakta akan eksistensi’. Ketika menjadi sebuah idiom, maka FOR THE TIME BEING artinya adalah “Untuk saat ini”. Sinonim dari idiom ini adalah ‘AT PRESENT’ dan ‘IN THE MEANTIME’.

Berikut ini contohnya:

1. Laura wants to lose weight before her wedding day, so she’s decided to be on a diet for the time being. She will try not to eat cakes, ice cream and pizza until she thinks she’s lost enough weight.
(Laura ingin menurunkan berat badan sebelum hari pernikahannya, jadi dia mau diet untuk saat ini. Dia akan mencoba untuk tidak makan kue, es krim dan pizza hingga ia beranggapan berat badannya sudah turun cukup banyak)

2. I haven’t finished the report yet; in the meantime my supervisor wants me to represent him at an official meeting, which means I have to work late tonight.
(Aku belum meneyelesaikan raporan ini, sementara itu atasanku menyuruh aku mewakili dia di rapat resmi, berarti aku nanti harus kerja sampai malam)

3. This is probably about as good a deal as we’re going to get, at least for the time being.
(Ini bisa jadi mirip dengan kesepakatan bagus yang akan kita terima, setidaknya untuk saat ini)

4. You can stay with us for the time being.
(Kamu bisa tinggal bersama kami untuk saat ini)