#howtosayit : Have Second Thoughts

Bujang Dare, kita akan membahas cara pengucapan dan penggunaan sebuah idiom yang sering native speaker Bahasa Inggris gunakan sehari-hari. Idiom merupakan sebuah kata atau gabungan dua kata atau lebih yang memiliki makna berbeda, namun ketika disatukan akan membentuk makna baru yang berbeda dari makna kata aslinya.

Idiom yang akan kita bahasa hari ini adalah HAVE SECOND THOUGHTS. Idiom ini terdiri dari tiga kata yaitu kata HAVE, SECOND, dan THOUGHTS. Kata HAVE yang ejaannya H-A-V-E artinya adalah “Memiliki”. Kemudian kata SECOND yang ejannya S-E-C-O-N-D artinya adalah “Kedua”. Terakhir kata THOUGHTS yang ejaannya T-H-O-U-G-H-T-S artinya adalah “Pemikiran”. Ketika menjadi sebuah idiom, maka HAVE SECOND THOUGHTS artinya adalah “Hendak mengubah keputusan yang sudah diambil”.

Berikut ini contohnya:

1. John appears to be having second thoughts about taking the early retirement plan; therefore the company has to delay the hiring process for his replacement.
John sepertinya akan memikirkan kembali rencana mengambil pension dini nya; oleh sebab itu pihka perusahaan harus menunda penerimaan pegawai baru untuk mengisi posisinya.

2. You’re not having second thoughts about coming to Brighton with me, are you?
Kamu tidak akan mengubah fikiran mu tentang pergi ke Brightion denganku, bukan?

3. You’re not having second thoughts about getting married, are you?
Kamu tidak akan mengubah keputusan mu untuk menikah, bukan?

4. I’ve been having second thoughts about quitting my job. Maybe I should keep it for a while longer.
Aku sedang mempertimbangkan kembali masalah keluar dari pekerjaanku. Mungkin aku harus mempertahankannya sedikit lebih lama.