Browse By

#howtosayit : IN DEMAND / ON DEMAND

Bujang Dare, kita akan membahas cara pengucapan dan penggunaan sebuah idiom yang sering native speaker Bahasa Inggris gunakan sehari-hari. Idiom merupakan sebuah kata atau gabungan dua kata atau lebih yang memiliki makna berbeda, namun ketika disatukan akan membentuk makna baru yang berbeda dari makna kata aslinya.

Idiom yang akan kita bahas hari ini adalah IN DEMAND. Idiom ini terdiri dari dua kata utama yaitu kata IN dan DEMAND. Kata IN yang ejaannya I-N artinya adalah “Di dalam”. Kemudian kata DEMAND yang ejaannya D-E-M-A-N-D artinya adalah “Permintaan atau tuntutan”. Ketika menjadi sebuah idiom, maka IN DEMAND artinya adalah “Sangat diinginkan atau diperlukan sehingga laku keras atau laris”. Selain IN DEMAND, ada idiom ON DEMAND yang berbeda yaitu “Kapan saja kita menginginkannya”.

Berikut ini contohnya:

1. Every time the weather forecasts says there’ll be a snow storm, salt and shovels were so much in demand that stores supplies ran out before nightfall.
(Setiap kali prakiraan cuaca mengatakan akan terjadi topan salju, garam dan sekop laris keras sehingga persediaan di toko-toko habis sebelum malam hari)

2. Engineering and science graduates are in great demand this year.
(Insinyur dan lulusan dari bidang sains sangatlah diminati tahun ini)

3. With cable television, you can order movies on demand, but of course you have to pay them extra on top of your monthly bill.
(Dengan televisi kabel, kita bisa memesan film yang diputar di bioskop layar kapan saja kita mau, tetapi sudah tentu kita harus membayar ekstra di luar tagihan bulanan)

4. She’s always ready to sing on demand.
(Dia selalu siap untuk bernyanyi jika dipinta)