Browse By

#howtosayit : Make A Beeline For

Bujang Dare, kita akan membahas cara pengucapan dan penggunaan sebuah idiom yang sering native speaker Bahasa Inggris gunakan sehari-hari. Idiom merupakan sebuah kata atau gabungan dua kata atau lebih yang memiliki makna berbeda, namun ketika disatukan akan membentuk makna baru yang berbeda dari makna kata aslinya.

Idiom yang akan kita bahas hari ini adalah ‘MAKE A BEELINE FOR’. Idiom ini terdiri dari tiga kata utama yaitu kata MAKE, BEELINE, dan FOR. Kata MAKE yang ejaannya M-A-K-E artinya adalah “Membuat”. Kata BEELINE yang ejaannya B-E-E-L-I-N-E artinya adalah “Garis lurus antara dua tempat”. Terakhir ada kata FOR yang ejaannya F-O-R artinya adalah “Untuk atau bisa juga karena”. Ketika menjadi sebuah idiom, maka MAKE A BEELINE FOR artinya adalah “Langsung secepatnya menuju ke suatu tempat. Seperti tawon atau lebah yang segera terbang lurus menuju bunga atau kembang yang terlihat olehnya

Berikut ini contohnya:

1. It’s true. When Bob goes to a reception, he makes a beeline for the food and drinks immediately. And he’ll stay there all evening, eating and drinking until the party is over.
(Memang benar. Kalau Bob datang ke resepsi, ia langsung secepatnya menuju ke arah makanan dan minuman. Dan dia akan berada di sekitar tempat itu sepanjang malam, makan dan minum hingga pesta berakhir)

2. As soon as the show is over, let’s make a beeline for the car, otherwise we’ll be stuck in traffic for hours.
(Begitu pertunjukkan berakhir, kita langsung secepatnya ke mobil, kalau tidak kita akan terperangkap macet berjam-jam)

3. Billy came into the kitchen and made a beeline for the cookies.
(Billy masuk ke dapur dan langsung secepatnya ke arah kue)

4. After the game, we all made a beeline for John, who was serving cold drinks.
(Setelah bermain, kami secepatnya menuju ke arah John yang sedang menyajikan minuman dingin)