Browse By

#howtosayit : MAKE A MONKEY

Bujang Dare, kita akan membahas cara pengucapan dan penggunaan sebuah idiom yang sering native speaker Bahasa Inggris gunakan sehari-hari. Idiom merupakan sebuah kata atau gabungan dua kata atau lebih yang memiliki makna berbeda, namun ketika disatukan akan membentuk makna baru yang berbeda dari makna kata aslinya.

Idiom yang akan kita bahasa hari ini adalah MAKE A MONKEY. Idiom ini terdiri dari kata MAKE dan MONKEY. Kata MAKE yang ejaannya M-A-K-E artinya adalah “Membuat”. Kemudian kata MONKEY yang ejaannya adalah M-O-N-K-E-Y artinya adalah “Monyet/Kera”. Ketika menjadi sebuah idiom, MAKE A MONKEY artinya adalah “:Membuat seseorang terlihat bodoh /aneh.”.

Berikut ini contohnya:

1. I’m not going to dance too much at the party because I don’t want to make a fool out of myself in front of my coworkers.
(Saya tidak akan menari terlalu banyak saat di pesta karena saya tidak mau membuat diri saya terlihat bodoh di depan rekan kerja)

2. I know Greg is only trying to impress Lisa, but he’s making a fool out of himself by telling so many corny jokes.
(Saya tahu Greg hanya ingin membuat Lisa terkesan, namun dia hanya terlihat bodoh dengan menceritakan banyak lelucon garing)

3. Sid made a monkey out of Paul by telling him to wear a suit to the party – everyone else was wearing jeans!
(Sid membuat Paul terlihat aneh dengan menyuruhnya memakai setelan ke pesta – padahal yang lainnya memakai jeans!)

4. Mary made a monkey out me by telling to me to ask her best friend out on a date – she said no!
(Mary membuatku terlihat bodoh dengan menyuruhku mengajak teman dekatnya berkencan – dia bilang tidak mau!)