Browse By

#howtosayit : NOW AND THEN / ON AND OFF

Bujang Dare, kita akan membahas cara pengucapan dan penggunaan sebuah idiom yang sering native speaker Bahasa Inggris gunakan sehari-hari. Idiom merupakan sebuah kata atau gabungan dua kata atau lebih yang memiliki makna berbeda, namun ketika disatukan akan membentuk makna baru yang berbeda dari makna kata aslinya.

Idiom yang akan kita bahasa hari ini adalah NOW AND THEN. Idiom ini terdiri dari dua kata utama yaitu kata NOW dan THEN. Kata NOW yang ejaannya N-O-W artinya adalah “Sekarang”. Kemudian kata THEN yang ejaannya T-H-E-N artinya adalah “Kemudian/Nanti”. Ketika menjadi sebuah idiom, maka NOW AND THEN artinya adalah “Tidak sering atau tidak rutin, atau kadang kala, sekali-sekali”. Idiom ini memiliki sinonim yaitu ON AND OFF yang artinya “Sekali-sekali atau kadang-kadang”.

Berikut ini contohnya:

1. Now and then I like spicy food, like Indonesian sate (s-aa-t-ee), Indian curry or Thai noodles, but being an American I do like McDonald with french fries.
(Sekali-sekali saya suka makan yang pedas, seperti sate Indonesia, kari India, atau mie Thailand, tetapi sebagai orang Amerika saya memang suka McDonald dengan kentang gorengnya)

2. We’ve been dating on and off for six months now so it’s too soon to tell whether we’ll ever get married or not.
(Kami kadang-kadang saja berkencan selama enam bulan ini jadi terlalu pagi untuk memastikan apakah kami nanti akan menikah atau tidak)

3. We visit my parent snow and then, but we rarely see our other relatives.
(Kami mengunjungi orang tua saya sekali-sekali, tapi kami jarang menemui kerabat lainnya)

4. He only came to class on and off.
(Dia hanya datang ke kelas kadang-kadang)