Browse By

#howtosayit : ON MY BACK / OFF MY BACK

Bujang Dare, kita akan membahas cara pengucapan dan penggunaan sebuah idiom yang sering native speaker Bahasa Inggris gunakan sehari-hari. Idiom merupakan sebuah kata atau gabungan dua kata atau lebih yang memiliki makna berbeda, namun ketika disatukan akan membentuk makna baru yang berbeda dari makna kata aslinya.

Idiom yang akan kita bahasa hari ini adalah ON MY BACK. Idiom ini terdiri dari tiga kata utama yaitu kata ON, MY, dan BACK. Kata ON yang ejaannya O-N artinya adalah “Di atas“. Kemudian ada kata MY yang ejaannya M-Y merupakan sebuah Possessive Pronoun yang artinya adalah “Aku”. Terakhir, ada kata BACK yang ejaannya B-A-C-K yang artinya adalah “Punggung atau belakang”. Ketika menjadi sebuah idiom, maka ON MY BACK artinya adalah “Sering mengkritik kita atau selalu hendak memaksa kita melakukan sesuatu”. Lawan dari idiom ON MY BACK adalah OFF MY BACK yang artinya “Tidak ikut urusan orang lain”.

Berikut ini contohnya:

1. My sister is always on my back about my eating habits, she scolded my chewing too loud, for not using the napkin frequently while eating and making a mess on the dining table.
(Kakak saya selalu mengkritik kebiasaanku selagi makan, dia marah karena aku menguncah terlalu kencang, karena tidak sering melap mulut selagi makan dan membuat meja makan berantakan)

2. She’s on my back again about those sales figures – I just haven’t had a moment to do them.
(Dia mengkritik lagi tentang penggambaran penjualan itu – saya hanya tidak memiliki waktu untuk mengerjakannya)

3. On many occasions I want to tell my supervisor to get off my back and just let me finish my work before he made all those comments.
(Sering sekali aku kepingin memberitahu atasanku supaya jangan ngurusin apa yang sedang ku kerjakan dan biarkan saja aku menyelesaikannya sebelum ia membuat segala macam komentar)

4. I’m tired of your constant criticism! Get off my back!
(Aku lelah dengan kritikmu yang itu-itu saja! Berhentilah memberi komentar!)