#howtosayit : Read (Someone) Like A Book

Bujang Dare, kita akan membahas cara pengucapan dan penggunaan sebuah idiom yang sering native speaker Bahasa Inggris gunakan sehari-hari. Idiom merupakan sebuah kata atau gabungan dua kata atau lebih yang memiliki makna berbeda, namun ketika disatukan akan membentuk makna baru yang berbeda dari makna kata aslinya.

Idiom yang akan kita bahasa hari ini adalah READ (SOMEONE) LIKE A BOOK. Idiom ini terdiri dari beberapa kata yaitu kata READ, LIKE, A, dan BOOK. Kata READ yang ejaannya R-E-A-D artinya “Membaca”. Kemudian kata LIKE yang ejaannya L-I-K-E artinya adalah “Seperti”. Kata A merupakan sebuah article. Terakhir kata BOOK yang ejaannya B-O-O-K artinya adalah “Buku”. Ketika menjadi sebuah idiom, maka READ (SOMEONE) LIKE A BOOK artinya adalah “Memahami dia sepenuhnya, selalu mengetahui apa yang sedang dipikirkannya”. Sinonim dari idiom ini adalah READ (SOMEONE) MIND.

Berikut ini contohnya:

1. John’s wife, Jenny can read him like a book. She knows when something troubles him, and everybody knows that without her, John is lost.
(Istri John, Jenny sangat memahami John, suaminya. Dia tahu kalau John lagi marah atau kalau ada sesuatu yang mengganggu pikirannya, dan semua orang tahu tanpa Jenny, sang istri, John pasti akan sangat kehilangan)

2. George and I have been friends for a long, long time, so even though he made no comment, I could read his mind, he was uncomfortable and wanted to leave the party early.
(Saya dan George sudah lama sekali berteman, jadi biarpun dia tidak berkomentar, saya bisa membaca pikirannya bahwa ia merasa tidak nyaman dan ingin angkat kaki lebih awaldari pesta itu)

3. You’re bored, aren’t you? I can read you like a book.
(Kamu bosan kan? Bisa kupahami dirimu)

4. You can’t hide anything from me, Mike. It’s so simple. I can read you like a book.
(Kamu tidak bisa menyembunyikan apapun dariku, Mike. Ini sangat mudah. Aku sangat mengenalmu dengan baik)