Browse By

#howtosayit : Smell A Rat

Bujang Dare, kita akan membahas cara pengucapan dan penggunaan sebuah idiom yang sering native speaker Bahasa Inggris gunakan sehari-hari. Idiom merupakan sebuah kata atau gabungan dua kata atau lebih yang memiliki makna berbeda, namun ketika disatukan akan membentuk makna baru yang berbeda dari makna kata aslinya.

Idiom yang akan kita bahasa hari ini adalah SMELL A RAT. Idiom ini terdiri dari dua kata utama yaitu kata SMELL dan RAT. Kata SMELL yang ejaannya S-M-E-L-L artinya adalah “Mencium atau berbau”. Kemudian ada kata RAT yang ejaannya R-A-T artinya adalah “Tikus atau pengerat”. Ketika menjadi sebuah idiom, SMELL A RAT artinya adalah “Curiga ada sesuatu yang tak beres atau palsu”. Idiom ini sudah 500 tahun digunakan dan tak seorangpun tahu asal-usulnya, tetapi mungkin saja ada hubungannya dengan kucing yang hidungnya mendengus-dengus untuk mencari tikus.

Berikut ini contohnya:

1. This guy offered to sell me his car real cheap. But it was so cheap I SMELLED A RAT so I got a friend who’s a cop to run a check on it. And sure enough, it turned out to be stolen.
Orang itu menawarkan mobilnya kepadaku dengan harga yang betul-betul murah. Tetapi karena terlalu murah aku curiga ada sesuatu yang tidak beres, jadi aku minta kepada temanku seorang polisi untuk mengeceknya. Benar saja, rupanya mobil curian.

2. He’s been working late with her every night this week – I smell a rat!
Dia sudah bekerja sampai larut malam setiap malam di minggu ini – Aku curiga ada sesuatu yang tak beres!

3. I don’t think this was an accident. I smell a rat.
Sepertinya ini bukan sebuah kecelakaan. Ada sesuatu yang mencurigakan.

4. She smelled a rat when she phoned him at the office where he was supposed to be working late and he wasn’t there.
Dia curiga ada sesuatu yang tak beres ketika ia menelpon dia saat di kantor dimana seharusnya dia bekerja lembur dan tidak berada di sana.