#howtosayit : UNDER CERTAIN CIRCUMSTANCES

Bujang Dare, kita akan membahas cara pengucapan dan penggunaan sebuah idiom yang sering native speaker Bahasa Inggris gunakan sehari-hari. Idiom merupakan sebuah kata atau gabungan dua kata atau lebih yang memiliki makna berbeda, namun ketika disatukan akan membentuk makna baru yang berbeda dari makna kata aslinya.

Idiom yang akan kita bahasa hari ini adalah UNDER CERTAIN CIRCUMSTANCES. Idiom ini terdiri dari tiga kata yaitu kata UNDER, CERTAIN dan CIRCUMSTANCES. Kata UNDER yang ejaannya U-N-D-E-R artinya adalah “Dibawah”. Kemudian kata CERTAIN yang ejaannya C-E-R-T-A-I-N artinya adalah “Pasti”. Terakhir ada kata CIRCUMSTANCES yang ejaannya C-I-R-C-U-M-S-T-A-N-C-E-S artinya adalah “Keadaan”. Ketika menjadi sebuah idiom, maka UNDER CERTAIN CIRCUMSTANCES artinya adalah “Dalam keadaan atau kondisi tertentu”.

Berikut ini contohnya:

1. Some stores in the US will only accept return items under certain circumstances, for instance if they are damaged or not working properly.
(Sebagian toko di Amerika mau barangnya dipulangkan dan dalam keadaan tertentu, umpamanya kalau barang itu rusak atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya)

2. Your insurance will pay for that surgery, but only under certain circumstances, for example if it’s an emergency.
(Pihak asuransi akan membayar biaya operasinya, tapi hanya dalam kondisi tertentu, misalnya jika ini merupakan merupakan situasi yang sangat genting)

3. Under certain circumstances, what you propose to do is all right.
(Dalam kondisi terterntu, apa yang kamu usulkan itu boleh saja)

4. We can make the agreement about this farewell party project with the headmaster under certain circumstances.
(Kita bisa membuat persetujuan dengan kepala sekolah mengenai proyek pesta perpisahan dalam persyaratan tertentu)