Browse By

Iklim Fotografi Lebih Baik

Pontianak – Ketua PFI Pontianak, Leo Prima menilai iklim fotografi di Pontianak saat ini jauh lebih baik dibandingkan lima tahun lalu.

Menanggapi lomba foto Kampung Beting yang duigelar pemkot ia mengungkapkan lomba kali ini betul-betul mewakili pesona Kampung Beting. Sebab, melalui lomba foto ini, Pemkot Pontianak berkeinginan mengangkat potensi wisata di Kampung Beting.

Para peserta disebutnya sudah mampu menerjemahkan tema di dalam karyanya dengan teknik yang mumpuni.

“Sehingga kita agak kesulitan untuk menentukan pemenangnya karena hampir sebagian besar karya-karya mereka bagus-bagus. Kita harus berunding ulang untuk menentukan pemenangnya,” sebutnya.

Sebelumnya, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Pontianak menggelar lomba Foto Pesona Kampung Beting. Lomba tersebut dilakukan untuk mengangkat bahwa Beting juga bisa menjadi destinasi wisata.

Para peserta dengan daya imajinasinya mampu mencuri perhatian penikmat foto. Sebuah foto seorang anak tengah melakukan salto terjun dari steigher yang berlokasi di depan Masjid Jami’ ke Sungai Kapuas, berhasil menjadi pemenang pertama.

Karya hasil jepretan Lukman Hakim yang berjudul ‘Anak Beting’ ini memperoleh poin tertinggi setelah melalui proses penilaian juri. Sementara itu, karya dari Meriani dengan judul foto ‘Keindahan Kampung Beting’ menjadi pemenang pertama untuk kategori Foto Aerial. Foto melalui udara dengan menggunakan drone ini merupakan gambaran keindahan Kampung Beting saat malam hari.

Lukman Hakim, pemenang pertama kategori Lomba Foto, mengungkapkan, dirinya merasa sangat senang dan terharu setelah hasil karyanya ditetapkan memiliki poin tertinggi diantara karya foto lainnya.

“Suatu anugerah bagi saya pribadi mendapatkan juara I dalam even bergengsi ini. Kalau ikut lomba sih sering, tapi kebanyakan gagalnya. Baru kali ini saya berhasil merebut juara pertama,” ucapnya.

Diakuinya, untuk mendapatkan momen-momen terbaik, dirinya rela stand by di Kampung Beting. Karya yang dikirim Lukman berjumlah lima foto. Namun dari lima foto tersebut, karyanya yang berjudul  ‘Anak Beting’ mampu menyabet pemenang pertama. (Wati Susilawati)