Browse By

Indonesia Corruption Watch Apresiasi Transparansi Walikota

Pontianak –¬†Koordinator Indonesia Corruption Watch (ICW) Adnan Topan Husodo mengapresiasi transparansi Walikota Pontianak Sutarmidji dalam mengelola RAPBD 2017.

“Saya sudah keliling Indonesia, tetapi baru kali ini melihat ada wali kota yang transparan seperti ini membeberkan draf RAPBD ke publik, kemudian minta dikritisi, sebelum disahkan DPRD, seperti yang dilakukan Pak Sutarmidji,” kata Adnan saat memberikan materi pada seminar “Bedah RAPBN Kota Pontianak 2017” di Pontianak, Rabu kemarin.

Ia mengapresiasi, langkah Walikota Pontianak dua periode tersebut. “Sehingga jangan sampai kebiasaan yang sudah baik ini, hilang dengan bergantinya Walikota Pontianak mendatang, karena ini merupakan keterbukaan yang baik,” ungkapnya.

Karena itu, menurut dia, dengan adanya keterbukaan tersebut, masyarakat harus memanfaatkannya dengan baik, agar pemanfaatan anggaran bisa sepenuhnya untuk kemaslahatan masyarakat Kota Pontianak.

“Jangan sampai anggaran hanya dinikmati oleh para pejabat publik yang berkaitan langsung dengan pembuatan anggaran tersebut.

Dalam kesempatan itu, dia mengusulkan agar dokumen RAPBD tersebut di-upload ke website Pemkot Pontianak, agar masyarakat secara leluasa bisa mengakses dokumen tersebut, sehingga masyarkat juga bisa mengusulkan rencana dan mengawasinya.

“Saya rasa wali Kota Pontianak tidak akan keberatan atas usulan saya tersebut,” katanya. (Wati Susilawati)