Browse By

Ingin Jadi Kota Nyaman

Pontianak – Walikota Pontianak Sutarmidji, berharap Kota Pontianak semakin hari semakin baik dan nyaman sebagai tempat bermukim. Toleransi kehidupan berbagai etnis dan agama juga dimintanya semakin ditingkatkan.

“Yang lebih bagus itu meningkatkan pemahaman agama masing-masing sehingga bisa melahirkan kapasitas toleran yang tinggi,” katanya, belum lama ini.

Diakuinya, masih ada beberapa pekerjaan rumah yang harus ia selesaikans ebelum masa jabatannya berakhir. Terutama bagaimana menekan angka kemiskinan. Ia optimis angka kemiskinan ini bisa ditekan apabila dilakukan secara sungguh-sungguh dengan menjalankan semua program pengentasan kemiskinan.

“Optimismenya ini didukung dengan program-program Pemkot yang cukup banyak dalam mengentaskan kemiskinan. Sebut saja program perbaikan rumah tak layak huni, perbaikan sanitasi, pendidikan dan kesehatan gratis dan pemasangan suplai air PDAM,” ujarnya.

Ia berharap beberapa tahun mendatang angka kemiskinan di Kota Pontianak di bawah 5 persen. Saat ini angka kemiskinan 5,2 persen.

“Kalau kita bisa turunkan 0,4 atau 0,5 persen, jadi hanya tinggal 4,8 atau 4,7 persen. Dan kalau itu  bisa di bawah 5 persen suatu prestasi yang luar biasa karena tidak banyak daerah di Indonesia yang angka kemiskinannya di bawah 5 persen. Saya rasa itu bisa,” paparnya.

Terkait lapangan kerja yang tersedia di Kota Pontianak, menurut Midji, masih banyak lapangan kerja yang lowong, hanya saja para pencari kerja terlalu memilih jenis pekerjaan itu.

“Coba saja jalan ke mall-mall, banyak toko-toko yang membutuhkan karyawan. Sekarang upah yang dibayar berdasarkan Upah Minimum Regional (UMR) yang besarnya mencapai hampir Rp 1,5 juta,” ujarnya.(sis)