Inovasi Pemkot, Permudah Peluang Kerjasama

Pontianak – Ketua DPRD Kota Pontianak Sataruddin, mengapresiasi sejumlah inovasi pemerintah sehingga banyak pihak, terutama negara lain melirik Kota Pontianak untuk tujuan penjajakan inovasi.

“Ini patut dibanggakan dan ini kerja keras dan komitmen yang membuahkan hasil dari Pemerintah Kota Pontianak. DPRD mendukung penuh kebijakan pemerintah jika itu menyangkut kepentingan banyak pihak, terutama masyarakat,” paparnya.

Kunjungan pihak Kedubes Australia juga dalam rangka meninjau pelaksanaan program hibah perbaikan sanitasi khususnya sambungan air PDAM bagi dua ribu rumah, kata Sataruddin salah satu keberhasilan yang menimbulkan kerja sama sejumlah pihak, tak terkecuali Australia.

“Kita butuh benar yang nama kerjasama yang berhubungan dengan sanitasi mengingat sanitasi salah satu persoalan mendasar yeng tengah dicoba diselesaikan pemerintah. Nah, dengan adanya keinginan Australian ini menjadi tantangan bagi pemerintah untuk juga melakukan perbaikan dalam upaya ketersediaan air bersih,” terangnya.

Walikota Pontianak Sutarmidji mengakui, Pemerintah Australia punya perhatian besar pada sanitasi di Kota Pontianak ini.

“Semoga tahun depan rencana ini bisa diselesaikan dnegan baik, terutama sanitasi di rumah-rumah pendudukan yang tidak mampu,” ucapnya

Orang nomor satu di Kota Pontianak ini menuturkan, kemajuan-kemajuan yang diraih Pontianak memungkinkan untuk menjajaki kerja sama dengan pihak luar salah satunya Australia. Kedubes Australia untuk Indonesia yang berkedudukan di Jakarta merupakan kedutaan terbesar di seluruh dunia.

Hal ini, kata Midji, menunjukkan bagaimana prospek Indonesia, Kalbar dan Pontianak khususnya di mata mereka. Saat ini Pemerintah Australia memberi perhatian besar terhadap wilayah Indonesia Timur sehingga baru-baru ini mereka membuka Konsulat Jenderal di Makassar.  (Wati)