Instalasi Rawat Inap Siap Dioperasionalkan

Warta Volare – 26 April 2013

Walikota Pontianak, Sutarmidji pagi ini sudah meresmikan instalasi rawat inap Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Syarif Mohamad Alkadrie Pontianak. 

Dalam kesempatan tersebut Sutarmidji mengatakan mulai hari ini RSUD Kota Pontianak sudah bisa mengoperasionalkan penerimaan pasien rawat inap. Selain itu ia juga menegaskan pelayanan yang ada di rumah sakit ini sesuai Standard Operating Procedure (SOP). Ia berharap dengan pelayanan ini masyarakat tidak merasa dibeda-bedakan antara yang kaya dan miskin, yang membedakannya hanya pelayanan untuk jenis penyakitnya saja.  

Ia menjelaskan, saat  ini ada sekitar 120 tempat tidur yang bisa digunakan untuk rawat inap. Tahun 2014 mendatang Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak akan menambah satu bangunan lagi untuk rawat inap, sehingga tahun depan bisa mencapai 325 tempat tidur.  Sedangkan untuk ketersediaan alat kesehatan pemkot dibantu oleh Kementerian Kesehatan sebesar Rp 35 miliyar. 

Sutarmidji menambahkan dalam waktu dekat ini Pemkot akan menyediakan fasilitas dokter spesialis seperti rumah dan mobil dinas. Selain itu ia juga mengatakan akan memberikan kebebesan kepada dokter spesialis untuk membuka prkatek kedokteran.

Sementara dikesempatan yang bersamaan Direktur RSUD Kota Pontianak, Handanu menambahkan bagian-bagian instalasi rawat inap  antara lain rawat jalan, UDG, laboratorium, instlasi bedah, bahkan ditunjang dengan laudry. 

Handanu menjelaskan jumlah tenaga medis yang ada di rumah sakit sekitar 191 orang. Ia melihat jumlah ini sudah cukup untuk melayani 120 tempat tidur pasien rawat inap. Sedangkan untuk dokter spesialis yang ada di rumah sakit ini sekitar 7 dokter, dan 10 dokter umum. (Lnd)