It’s About Birthday

•#howtosayit : On the Face of It
Bujang Dare, kita akan membahas cara pengucapan dan penggunaan sebuah idiom yang sering native speaker Bahasa Inggris gunakan sehari-hari. Idiom merupakan sebuah kata atau gabungan dua kata atau lebih yang memiliki makna berbeda, namun ketika disatukan akan membentuk makna baru yang berbeda dari makna kata aslinya.

Idiom yang akan kita bahas hari ini adalah ‘ON THE FACE OF IT’. Cara pengucapannya ‘ON THE FACE OF IT’ /�’n//ðə//feɪs//əv//ɪt/. Kata ‘ON’ yang ejaannya O-N artinya adalah “diatas atau pada”. Kata ‘FACE’ yang ejaannya F-A-C-E artinya adalah “wajah atau permukaan”. Ketika digabungkan menjadi sebuah idiom, maka idiom ‘ON THE FACE OF IT’ memiliki arti “tampaknya, atau dilihat sekilas atau dilihat dari luarnya saja”.

Untuk lebih jelas, mari kita simak contohnya:
1.The salesman’s claim on the face of it is that the problem is minor. It turned out that the dealer had to send the car back to the factory and get it fixed. I regret buying that car now.
(Pernyataan salesman itu, tampaknya secara sekilas bahwa kerusakannya ringan. Ternyata dealernya harus mengirim kembali mobil itu ke pabrik untuk mereparasinya. Sekarang saya menyesal membeli  mobil itu)
2.On the face of it, this European Cruise seems cheap, but there might be other hidden expenses that we don’t know yet.
(Dilihat secara sekilas, berlayar dengan kapal pesiar European Cruise ini tampaknya murah, tetapi mungkin saja ada biaya tambahan tidak tercantum yang belum kita ketahui)
3.On the face of it, it seems worthless.
(Dilihat sekilas, ini tidak berharga)
4.On the face of it, Deny looks like an arrogant person; however, he’s friendly though.
(Dilihat dari luarnya saja, Deny tampak seperti orang yang sombong, namun sebenarnya dia orang yang ramah)

 •#idiom : With Open Arms
Idiom merupakan sebuah kata atau gabungan dua kata atau lebih yang memiliki makna berbeda, namun ketika disatukan akan membentuk makna baru yang berbeda dari makna kata aslinya. Lebih banyak kita menguasai idiom, maka semakin baiklah kemampuan bahasa inggris yang kita miliki.

Idiom yang akan kita bahas hari ini ‘WITH OPEN ARMS’. Cara pengucapannya ‘WITH OPEN ARMS’ /wɪð//ˈoʊ.p ə n//’ːrm/. Kata ‘WITH’ yang ejaannya W-I-T-H artinya adalah “dengan”. Kata ‘OPEN’ yang ejaannya O-P-E-N artinya adalah “buka”. Dan kata ‘ARM’ yang ejaannya A-R-M artinya adalah “tangan atau lengan”. Ketika digabungkan menjadi sebuah idiom, maka idiom ‘WITH OPEN ARM’ artinya adalah “dengan hangat atau dengan kebahagiaan atau dengan antusias”.

Contoh penggunaanya adalah :
1.    After suing the organization, I know I’m not going to be greeted with open arms.
      (Setelah mempidanai organisasi tersebut, aku tahu aku tidak akan disapa dengan hangat)
2.    A lot of our customers wouldn’t be welcomed with open arms in other stores.
      (Banyak pelanggan kami yang tidak akan disambut dengan antusias di took lain)
3.    Volare Chit Chat will greet all Bujang Dare with open arm.
      (Volare Chit Chat akan menyapa seluruh Bujang Dare dengan hangat)
4.    The party will be started and the MC welcomes all the guests with open arm.
      (Pesta akan dimulai dan MC menyambut semua tamu dengan gembira)

•#bilingual : Liga Premier Mesir Akan Dilanjutkan
Bilingual adalah berita dua bahasa yang akan membantu Bujang Dare untuk mempelajari dan lebih memahami Bahasa Inggris. Serta menambah wawasan dunia tentang berbagai informasi dan berita masa kini. Untuk hari ini sebuah topik telah dipilih khusus untuk Bujang Dare.

Egypt’s premier football league to resume
The Egyptian authorities have decided to allow play to resume in the country’s premier football league, ending a suspension imposed after violence at a Cairo stadium.
At least twenty-two fans died in clashes with the security forces earlier this month.
Now it’s been announced that league matches will re-start after a forty day mourning period, but no fans will be permitted to attend to the matches.
Liga primer Mesir akan dilanjutkan
Pihak berwenang Mesir telah memutuskan untuk memberikan izin agar liga primer negara itu dilanjutkan sehingga mengakhiri penghentian sementara yang diberlakukan setelah terjadi kekerasan di sebuah stadion Kairo.
Sedikitnya 22 pendukung meninggal dunia dalam bentrokan dengan aparat keamanan awal bulan ini.
Kini diumumkan pertandingan liga akan dimulai lagi setelah masa berkabung selama 40 hari, tapi para pendukung tidak boleh hadir menonton pertandingan.

•#FunSizeFact : It’s About Birthday
Bujang Dare, di Fun Size Fact kita akan berbagi info tentang fakta yang ada dalam penggunaan Bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari. Fun Size Fact akan membantu Bujang Dare untuk memahami penggunaan kata-kata, budaya, dan cara berkomunikasi yang lebih baik dalam berbahasa Inggris.
Untuk hari ini, Fun Size Fact akan membahas tema Ulang Tahun.

1st Fact     : Birthday VS Anniversary
Is Birthday and Anniversary similar?
From Cambridge Dictionary, the meaning of Birthday is the day that is exactly a year or number of years after a person was born. Dengan kata lain, kata “Birthday” berarti memperingati hari kelahiran kita. Oleh sebab itu, ketika seseorang berulang tahun, kita akan mengucapkan “Happy Birthday!” atau “ I wish you a happy birthday!”
On the other hand, the meaning of Anniversary is the day on which an important event happened in a previous year. Dalam Bahasa Indonesia, kata “Anniversary” berarti memperingati peristiwa penting yang terjadi di kehidupan kita, misalnya memperingati tanggal peringatan, kesuksesan, pidato bersejarah, dan bisa juga kematian seseorang yang terkenal.  
Ketika seseorang mengatakan “It’s my anniversary”, orang itu bisa saja mengindikasikan sebuah peristiwa penting dalam hidupnya, misalnya peringatan hari pernikahannya yang sudah ke 50 tahun. 

2nd Fact    : How to express the birthday wishes.
Sering kali kita mengucapkan “Happy Birthday!” kepada seseorang di hari ulang tahunnya. Tapi apakah ada cara lain mengucapkan selamat ulang tahun dalam bahasa Inggris. Ini dia beberapa ekspresi yang dapat digunakan:
– Many happy returns of the day!
– I wish you a wonderful birthday!
– Have a great one!
– May your birthday be filled with laughter!
– I hope you have a wonderful birthday.
– I wish you all the best on your special day.
– I hope you have a fantastic day and a fantastic year to come.
– Wishing you a day that is as special as you are.
– Have a fabulous birthday!
– Wishing you many more candles to blow.

3rd Fact    : Birthday Torments
The Bumps or Dumps
Ini adalah tradisi yang biasa dilakukan di wilayah Negara kekuasaan Britania Raya, Irlandia, Canada dan India. Dalam pesta ulang tahun, seseorang yang sedang berulang tahun akan dilempar ke atas dengan cara memegang tangan dan kakinya, kemudian jatuh hingga kelantai atau disambut kembali. Jumlah lemparannya dilakukan sesuai dengan umur orang tersebut. Ini hanya dilakukan pada anak-anak yang sedang berulang tahun, karena jika ini dilakukan pada orang dewasa akan sangat sulit. Kegiatan ini saat ini sudah banyak tidak dilakukan mengingat keselamatan dan kesehatan seseorang.

The Birthday Punch
Ini adalah tradisi yang dilakukan dengan memukul orang yang sedang berulang tahun sebanyak umur yang dicapainya. Biasanya ditambah satu pukulan tambahan lagi yang menandakan keberuntungan. Biasa dilakukan di US dan Kanada.