Browse By

It’s All Hands on Deck

•#howtosayit : Down the Road / Down the Line
Bujang Dare, kita akan membahas cara pengucapan dan penggunaan sebuah idiom yang sering native speaker Bahasa Inggris gunakan sehari-hari. Idiom merupakan sebuah kata atau gabungan dua kata atau lebih yang memiliki makna berbeda, namun ketika disatukan akan membentuk makna baru yang berbeda dari makna kata aslinya.

Idiom yang akan kita bahas hari ini adalah ‘DOWN THE ROAD’. Cara pengucapannya ‘DOWN THE ROAD’ /daʊn/ ðə//roʊd/. Kata ‘DOWN’ yang ejaannya D-O-W-N artinya adalah “turun atau dibawah”. Kata ‘ROAD’ yang ejaannya R-O-A-D artinya adalah “jalan”. Ketika digabungkan menjadi sebuah idiom, maka idiom ‘DOWN THE ROAD’ memiliki arti “Pada masa depan atau suatu hari nanti yang belum tahu kapan”. Idiom ini juga bersinonim dengan idiom ‘DOWN THE LINE’ yang mempunyai arti sama.

Untuk lebih jelas, mari kita simak contohnya:
1.    We’re not in a hurry to make a decision, though we may at some point buy a house but that’s down the road.
       (Kami sekarang tidak perlu buru-buru mengambil keputusan biarpun pada suatu ketika, kami akan membeli rumah tetapi masih lama belum tahu kapan)
2.    I was asked to gather statistical data that could be useful down the road.
       (Kami diminta untuk mengumpulkan data statistic yang bisa berguna di masa depan)
3.    Waiting even a year to put money into your retirement account can make a big difference down the line.
     (Menunggu, bahkan setahun untuk mengumpulkan uang dalam tabungan pensiunmu bisa membuat sebuah perbedaan yang besar di masa depan)
4.    We’ll probably want kids too but that’s a few years down the line.
       (Kami akan mungkin menginginkan anak juga tapi mungkin beberapa tahun yang akan datang dan belum tahu kapan)

•#idiom : All Hands On Deck
Idiom merupakan sebuah kata atau gabungan dua kata atau lebih yang memiliki makna berbeda, namun ketika disatukan akan membentuk makna baru yang berbeda dari makna kata aslinya. Lebih banyak kita menguasai idiom, maka semakin baiklah kemampuan bahasa inggris yang kita miliki.

Idiom yang akan kita bahas hari ini ‘ALL HANDS ON DECK’. Cara pengucapannya ‘ALL HANDS ON DECK’ /”ːl//hænds//’ːn//dek/. Kata ‘ALL’ ejaannya A-L-L artinya adalah “semua”. Kata ‘HANDS’ yang ejaannya H-A-N-D-S artinya adalah “tangan-tangan”. Kata ‘ON’ yang ejaannya O-N artinya adalah “diatas”. Dan terakhir ada kata ‘DECK’ yang ejaannya D-E-C-K yang artinya “langit-langit”. Ketika digabungkan menjadi sebuah idiom, maka idiom ‘ALL HANDS ON DECK’ artinya adalah “dengan bantuan banyak orang atau membutuhkan pertolongan semua orang”.

Untuk lebih jelas, mari kita simak contohnya:
1.    We’ve got to get all this cleared up before they arrive so it’s all hands on deck.
     (Kita harus memastikan semuanya telah selesai dengan sempurna sebelum mereka tiba jadi bantuan semua anggota tim sangat diperlukan)
2.    it was all hands on deck getting breakfast ready
       (Ini membutuhkan bantuan semua orang untuk menyiapkan sarapan)
3.    It’s all hands on deck since we need to prepare the surprise party this evening. Let’s make it on time.
      (Ini membutuhkan pertolongan banyak orang karena kita harus mempersiapkan pesta kejutan mala mini. Ayo selesaikan tepat waktu.)
4.    All hands on deck, we can’t do this alone and we’ve been close to the deadline.
     (Butuh bantuan banyak orang, kita tidak bisa melakukannya sendirian dan kita sudah dekat dengan jatuh temponya)

•#bilingual : Pangeran William Menyerukan Diakhirinya Perdagangan Gading
Bilingual adalah berita dua bahasa yang akan membantu Bujang Dare untuk mempelajari dan lebih memahami Bahasa Inggris. Serta menambah wawasan dunia tentang berbagai informasi dan berita masa kini. Untuk hari ini sebuah topik telah dipilih khusus untuk Bujang Dare bersumber dari BBC.

Prince William called an end to ivory trade
Prince William has called for an end to the trade in ivory to save the world’s elephant population from extinction.
Speaking at the end of his visit to China, the Prince -who’s second in line to the British throne- urged people to stop buying ivory products.
He told his audience at an elephant sanctuary that no tradition or fashion was worth the destruction of an entire species.
China -where ivory products are traditionally prized items- is the world’s largest importer of illegal tusks. The trade in ivory is mostly illegal, although the sale of some items from legal stockpiles is allowed.

Pangeran William menyerukan diakhirinya perdagangan gading
Pangeran William menyerukan diakhirinya perdagangan gading untuk menyelamatkan populasi gajah dunia dari kepunahan.
Berbicara pada akhir lawatannya ke Cina, Pangeran yang berada di urutan kedua takhta Inggris itu mendesak orang untuk berhenti membeli produk-produk gading.
Dia mengatakan kepada hadirin di sebuah suaka gajah bahwa tidak ada tradisi atau mode yang senilai pengrusakan seluruh spesies.
Cina -yang produk-produk gading merupakan barang berharga secara tradisi- merupakan pengimpor gading gelap terbesar dunia. Perdagangan gading kebanyakan gelap walau dari beberapa barang dari cadangan yang sah dibolehkan.

•#FunSizeFact : The Celebrations
Bujang Dare, di Fun Size Fact kita akan berbagi info tentang fakta yang ada dalam penggunaan Bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari. Fun Size Fact akan membantu Bujang Dare untuk memahami penggunaan kata-kata, budaya, dan cara berkomunikasi yang lebih baik dalam berbahasa Inggris.
Fun Size Fact hari ini akan membahas tentang perayaan yang ada di Negara yang berbahasa Inggris.

1st Fact: Thanksgiving
Thanksgiving adalah sebuah festival yang dilaksanakan di Amerika. Festival ini diadakan setiap hari Kamis ke-4 atau minggu ke-4 di Bulan November, namun di Kanada, ini diadakan setiap hari Senin ke-2 bulan November. Thanksgiving merupakan sebuah perayaan yang ditujukan sebagai ungkapan rasa syukur atas hasil panen yang banyak. Di Amerika, Thanksgiving merupakan sebuah perayaan yang dijadikan sebagai libur nasional dan kesempatan bagi keluarga dan saudara untuk berkumpul. Di Amerika Serikat terdapat tradisi menikmati makan malam Thanksgiving bersama keluarga, teman, dan kerabat. Kalkun merupakan hidangan utama, sehingga Thanksgiving juga dikenal sebagai “Hari Kalkun”. Kalkun biasanya dimakan bersama saus kranberi dan hidangan lain seperti kentang puree, jagung rebus, pai labu (sisa perayaan Halloween), dan berbagai macam sayur-sayuran musim gugur yang lain. Sewaktu menikmati makanan Thanksgiving, orang biasanya saling bercerita mengenai hal-hal baik yang telah mereka alami. Di Negara lain, Thanksgiving atau perayaan rasa syukur ini juga dirayakan dengan nama yang berbeda, seperti misalnya Pongal di India Selatan dan Holi di India Utara.

2nd Fact: Halloween
Halloween adalah sebuah perayaan yang dilaksanakan setiap tanggal 31 Oktober. Perayaan ini diselenggarakan di malam hari. Anak-anak sangat menyukai festival ini. Tradisi ini berasal dari Irlandia, dan dibawa oleh orang Irlandia yang beremigrasi ke Amerika Utara. Halloween dirayakan anak-anak dengan memakai kostum seram, dan berkeliling dari pintu ke pintu rumah tetangga meminta permen atau cokelat sambil berkata “Trick or treat!” Ucapan tersebut adalah semacam “ancaman” yang berarti “Beri kami (permen) atau kami jahili.” Simbol Halloween yang dimengerti secara universal adalah labu yang diukir membentuk wajah “menyeramkan” yang disebut Jack-o’-lantern. Di dalam Jack-o’-lantern biasanya diletakkan lilin menyala atau lampu agar terlihat lebih seram di tempat gelap. Di Amerika Serikat, lentera Jack-o’-lantern sering diletakkan di depan pintu masuk rumah sesudah hari mulai gelap. Tradisi mengukir Jack-o’-lantern berasal dari Amerika Utara yang banyak menghasilkan labu berukuran besar.

3rd Fact: April Fools’ Day
April Fools’ Day atau sering dikenal dengan April Mop diperingati setiap tanggal 1 April. April Fools’ Day dirayakan dan popular sejak abad ke 19, namun tidak menjadi hari libur nasional. Peryaan ini sering dilaksanakan di Kanada, Eropa, Australia, Brazil, dan Amerika Serikat. Setiap orang akan bermain lelucon, menjahili, dan menipu satu sama lain. Terkadang, pada tanggal 1 April orang-orang tidak percaya dengan datangnya berita pada hari atau tanggal tersebut, misalnya: Pada 1 April 1946, gempa bumi disertai tsunami membunuh 165 orang di Hawaii dan Alaska mengakibatkan dibuatnya sistem peringatan tsunami. Di Hawaii, tsunami ini dikenal dengan “Tsunami April Mop”, karena banyaknya orang yang mati karena tidak percaya berita akan kedatangan tsunami tersebut.

•#riddle
Bujang Dare, sekarang saatnya kita melatih kemampuan kosa kata dan Pengetahuan kita dalam berbahasa Inggris dengan Riddle. Riddle dalam bahasa Indonesia berarti teka-teki. Riddle bisa juga dikatakan sebagai bentuk puisi sederhana yang menggambarkan tentang sesuatu namun tidak secara langsung menyebutkan namanya dan membuat orang menjadi tertarik untuk menebaknya.
Riddle atau teka-teki untuk hari ini adalah:

All about, but cannot be seen,
Can be captured, cannot be held,
No throat to talk, but I can be heard
What Am I?

Artinya : Semuanya tentangku, tapi tak bisa dilihat. Bisa ditangkap, tak bisa dipegang. Tidak ada cara untuk berbicara, tapi aku bisa didengar. Apakah aku?

Answer : WIND (Angin)