Jumlah Pengunjung Perpustakaan Kian Meningkat

Pontianak – Kepala Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi (PAD) Kota Pontianak, Dwi Suryanto, menyebut, jumlah kunjungan Perpustakaan Kota Pontianak dari tahun ke tahun kian menunjukkan peningkatan yang signifikan. Tahun 2013, tercatat jumlah pengunjung sebanyak 18.997 pengunjung, tahun 2014 naik menjadi 21.632 pengunjung. Sedangkan tahun 2015, jumlah pengunjung meningkat signifikan hingga hampir dua kali lipat dari tahun sebelumnya, yakni 40.270 pengunjung. Untuk tahun 2016 ini, hingga bulan April tercatat jumlah pengunjung sudah mencapai 9.303.

“Ini merupakan lonjakan yang luar biasa. Artinya, minat baca masyarakat mulai meningkat,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (20/5).

Jumlah tersebut, lanjut Dwi, merupakan akumulasi dari jumlah pengunjung perpustakaan yang ada di Kantor PAD Kota Pontianak, Rumah Baca Kecamatan Pontianak Barat dan Pontianak Timur, mobil pintar serta perpustakaan keliling. Untuk jumlah koleksi judul buku yang tersedia di Perpustakaan Kota Pontianak, diakuinya sudah melampaui standar yang ditetapkan.

Selain itu, pihaknya juga terus meningkatkan pelayanan perpustakaan dengan menambah jadwal pelayanan pada hari Sabtu dan Minggu. Perpustakaan Kota Pontianak yang beralamat di Jalan Alianyang Nomor 7 B atau di samping Dinas Perhubungan Kota Pontianak ini memberikan layanan pada hari Senin – Jumat dibuka sejak jam  07.30 – 14.30 WIB, khusus hari Jum’at jam istirahat dimulai jam 11.00 – 13.00 WIB dan dibuka kembali  13.00 – 14.30 WIB.

“Pada hari Sabtu layanan dibuka mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB, dan hari Minggu buka jam  08.00 – 12.00 WIB,” katanya.

Ditambahnya jam layanan Perpustakaan Kota Pontianak hingga hari Minggu ini dimaksudkan untuk memberikan keleluasaan waktu bagi masyarakat berkunjung ke Perpustakaan Kota Pontianak.

“Karena mungkin hari kerja atau hari-hari biasa banyak yang melakukan aktifitasnya, baik yang bekerja maupun sekolah dan kuliah sehingga tidak sempat berkunjung atau membaca buku di perpustakaan. Untuk itu kita menambah hari pelayanan dengan membuka perpustakaan hingga hari Minggu,” jelas Dwi.

Fasilitas layanan perpustakaan juga terus ditingkatkan dengan menambah kapasitas yang memadai bagi pengunjung perpustakaan, melengkapi koleksi berbagai buku terbaru (best seller), buku bacaan untuk anak-anak yang dapat dibaca di tempat maupun dipinjam untuk dibaca di rumah, pembuatan kartu anggota perpustakaan gratis, ruang baca dan diskusi yang nyaman.

“Kami juga menyediakan layanan internet gratis melalui free hotspot dengan jaringan Wi-Fi,” ungkapnya.

Selain perpustakaan yang sudah ada, Pemerintah Kota Pontianak juga berencana membangun perpustakaan di taman-taman kota seperti di Taman Digulis, Taman Akcaya dan Taman Alun Kapuas. Dengan bertambahnya jumlah perpustakaan yang ada di Kota Pontianak ini ke depannya diharapkan minat baca masyarakat juga semakin meningkat sehingga kualitas sumber daya manusia yang dimiliki tidak kalah dengan daerah lainnya.

Dwi mengajak masyarakat untuk meningkatkan minat baca dengan  berkunjung ke Perpustakaan Kota Pontianak.

“Kami berharap kepada masyarakat Kota Pontianak dapat memanfaatkan perpustakaan sebagai pusat pembelajaran masyarakat dan alternatif rekreasi bagi keluarga dan menumbuhkan minat baca anak sejak dini,” pungkasnya. (Wati Susilawati)