Kalimantan Barat Dapatkan Tiga Upakarti

Warta 3 -21 Desember 2010

Di penghujung tahun 2010, Kalimantan Barat memperoleh prestasi dengan diberikannya tiga penghargaan Upakarti. Tiga penghargaan tersebut diberikan kepada Kabupaten Melawi untuk kerajinan Mandau khas Dayak, Kabupaten Sintang untuk kerajinan Tenun Ikat Sintang, dan Kabupaten Sanggau untuk kerajinan miniatur kapal bandong.

Menurut Soezarsono Soekran selaku Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kalimantan Barat yang juga hadir bersama Gubernur Kalbar Cornelis, serta Bupati Sintang dan Melawi, penghargaan itu diberikan langsung Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kepada Gubernur Kalbar Cornelis, Senin (20/12), di Istana Negara.

Soekran menambahkan, rencananya untuk tahun yang akan datang, Kalbar akan menampilkan produk kelas menengah ke atas yang lebih inovatif, mengingat persaingan untuk tahun depan akan lebih berat.

Upakarti  merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan pemerintah kepada mereka yang telah berdedikasi melakukan hal luar biasa dalam pengembangan industri kecil dan menengah (IKM), merintis pengembangan teknologi industri yang bermanfaat, menemukan desain produksi yang inovatif, serta senantiasa konsisten melakukan pengendalian mutu terhadap produksi yang dihasilkan.