Browse By

Komitmen Bersama Jaga Kondusifitas Pontianak

Pontianak – Walikota Pontianak, Sutarmidji mengimbau masyarakat Pontianak tidak terpancing dengan masalah yang terjadi di luar Pontianak atau di Kalbar. Hal ini terkait dengan masalah dugaan penistaan agama yang dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta non aktif, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

“Masalah yang terjadi di luar Pontianak atau di Kalbar, jangan justru besarnya di sini,” ujarnya usai acara silaturrahmi dengan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan Pembauran Kebangsaan di Aula Polresta Pontianak, Senin (7/11) siang.

Ia mengajak semua kalangan termasuk pihak yang tergabung dalam FKUB, bisa menyikapi hal-hal yang terjadi di lapangan. Masing-masing pihak hendaknya memberikan pencerahan kepada anggota atau umatnya. Melalui silaturrahmi yang digelar ini, Sutarmidji berharap semua pihak berkomitmen menjaga kondusifitas di Kota Pontianak khususnya dan Kalbar umumnya.

“Intinya, semua semangat untuk menjaga iklim yang kondusif dan itu menjadi satu tekad kita bersama,” ungkapnya.

Kapolresta Pontianak, Kombes Pol Iwan Imam Susilo meminta, permasalahan tersebut di Pontianak tidak dikembang-kembangkan ke hal-hal lain.

Ia berharap, pasca demo 4 November dan selanjutnya, apapun hasilnya, Pontianak menjadi tanggung jawab bersama untuk mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

“Baik itu antar umat beragama, antar berbagai kebhinnekaan dan perbedaan, itu yang harus kita jaga. Kami berharap dukungan dari para tokoh agama yang hadir di sini,” pungkasnya. (Wati Susilawati)