Browse By

Komitmen Tingkatkan Pelayanan Publik

Pontianak – Di Hari Ulang Tahun (HUT) KORPRI ke-45, Walikota Pontianak, Sutarmidji meminta jajaran di Pemerintahan Kota (Pemkot) Pontianak untuk terus meningkatkan kinerjanya terutama sektor layanan publik. Meskipun menurutnya beberapa item sudah mencapai titik puncak dari sisi percepatan dan transparansi layanan publik.

“Tinggal bagaimana mempertahankannya dan terus melakukan inovasi. Inovasi-inovasi yang kita lakukan sudah diakui sebagai yang terbaik yang ada di Indonesia, sehingga kita terus menjaga dan meningkatkan itu,” ujarnya usai upacara Peringatan HUT KORPRI ke-45 di halaman parkir Kantor Wali Kota, Selasa (29/11).

Sutarmidji menilai, inovasi dalam percepatan layanan publik sudah semestinya sejalan dan selaras. Hal itu sudah dilakukan pihaknya dalam meningkatkan pelayanan publik di Kota Pontianak.

“Artinya inovasi yang baik tentu menghasilkan layanan publik yang baik pula,” sebutnya.

Wujud implementasi HUT KORPRI ke-45 di jajaran Pemkot Pontianak, yang juga bertepatan dengan ulang tahun Sutarmidji yang ke-54 ini, sebanyak sembilan penghargaan berhasil diraih dalam bulan November ini.

“Empat penghargaan diterima bertepatan tanggal 29 November hari ini. Ini juga merupakan suatu kebanggaan bagi jajaran KORPRI Kota Pontianak,” ungkapnya.

Jajaran Pemkot Pontianak berupaya memberikan pelayanan yang lebih cepat, lebih transparan, lebih murah dan lebih baik. Bahkan, Sutarmidji berkeinginan, pelayanan perizinan maupun layanan lainnya, Pontianak menjadi yang terbaik di Indonesia.

“Itu obsesi saya, sebagian sudah kita wujudkan. Tinggal selangkah lagi menjadikan itu paripurna dalam pelayanan. Saya yakin Pontianak mampu mewujudkannya,” ucapnya optimis.

Lompatan besar berhasil dipacu dalam Indeks Pembangunan Kesehatan masyarakat di Kota Pontianak. Pembangunan kesehatan di Kota Pontianak sudah sejalan dan selaras sesuai kebutuhan masyarakat. Demikian pula Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Pontianak menduduki posisi tertinggi di Kalbar dengan nilai 77. Nilai itu di atas rata-rata daerah lainnya di Kalbar.

“Itu menunjukkan pembangunan di bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi di Pontianak selaras dengan keinginan dan kebutuhan masa sekarang,” tutur Sutarmidji. (Wati Susilawati)