Browse By

KOMUNITAS WISATA SEJARAH (KUWAS) PONTIANAK

Berangkat dari keprihatinan atas kelesatarian sejarah kota beserta peninggalannya, dibawa pada diskusi singkat di Warung Kopi, kemudian bersama teman-teman peminat sejarah menggagas komunitas ini. Dengan harapan kita dapat mengenalkan dan melestarikan sejarah kota beserta peninggalan didalamnya ke khalayak ramai terutama anak-anak muda sebagai generasi penerus yang harus tetap merawat ingatan sejarah kotanya.

Ketika mendengar pelajaran sejarah maka yang pertama kali terlintas dibenak kita adalah pelajaran ini cenderung membosankan, kering, monoton, hafalan, dan segala bentuk kesan yang kurang menyenangkan. Gejala-gejala pembelajaran sejarah yang terjadi di berbagai jenjang pendidikan tentu akan berbenturan ketika dihadapkan pada kondisi sekarang dimana konteks pembelajaran sejarah yang kaku dan cenderung monoton akan menutup pemikiran kita terutama yang masing mengenyam pendidikan di sekolah yang seharusnya sudah menuju pada era keterbukaan atau era globalisasi.

Belajar sejarah tidak harus di kelas saja, kita bisa keluar untuk menyaksikan secara langsung peninggalan-peninggalan sejarah yang ada, dengan demikan sejarah akan mencapai guna rekreatifnya, karena dengan mempelajari  sejarah dengan melakukan wisata sejarah seakan-akan melakukan lawatan sejarah dengan menerobos batas waktu dan tempat menuju masa lampau dan terlibat dalam peristiwa yang terjadi tersebut. Sehingga demikan harapan kita hal ini dapat memberikan inspirasi tentang gagasan dan konsep yang dapat digunakan untuk memecahkan persoalan-persoalan masa kini. Kita memiliki banyak peninggalan sejarah, Kota Pontianak khususnya, dan Kalimantan secara umumnya adalah kawasan yang tidak begitu saja hadir di ruang yang kosong, hadirnya itu melalui rangkaian yang begitu panjang, rangkaian tersebut merupakan proses sejarah yang seharusnya kita pelajari.

Komunitas ini terbuka untuk umum, siapa saja boleh bergabung tidak memiliki batasan umur pun begitu juga jenjang akademik. Bagi yang berminat dan mau belajar sejarah kota beserta peninggalannya, mari bergabung dengan kami di Komunitas Wisata Sejarah. Silahkan add Facebook “kuwaspontianak”.

“MENJELAJAH KOTA, MENJAGA SEJARAH”