Kucuran Kredit Usaha Rakyat di Kalbar Capai Rp 154 Miliar

Pontianak – Area Head Bank Mandiri Kalimantan Barat Ahadi Subri, mengungkapkan, penyaluran fasilitas Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Kalbar hingga akhir 2015 hanya sebesar Rp54 miliar. Namun dalam perjalanan memberikan layanan keuangan yang dekat dengan masyarakat Pontianak dan sekitarnya, animo permintaan kredit nasabah mikro dan ritel sangat siginifikan. Itu terlihat pada April 2016, penyaluran KUR Bank Mandiri wilayah Kalbar telah mencapai Rp154 miliar atau tumbuh pesat.

“Hal ini menandakan berkembangnya usaha mikro, kecil, dan menengah di Kalimantan Barat berbanding lurus dengan penyaluran kredit kepada para pelaku usahanya. Selama ini banyak para pelaku usaha UKM mengalami kendala dalam pengembangan usaha karena terbentur permodalan,” kata Ahadi.

Ia menjelaskan KUR adalah kredit untuk pembiayaan usaha produktif segmen mikro, kecil, menengah, dan koperasi yang diberikan oleh pemerintah melalui sejumlah perbankan yang ditunjuk sebagai Bank penyalur KUR, salah satunya adalah Bank Mandiri.

“Adapun segmen usaha yang dibiayai KUR Bank Mandiri Area Pontianak beragam mulai dari perdagangan, industri pengolahan, pertanian, perikanan, jasa, transportasi, dan lainnya sebagainya,” katanya menjelaskan.

Ahadi menuturkan juga, Bank Mandiri area Pontianak akan melayani kebutuhan permodalan KUR bagi pelaku usaha UKM di 16 kantor cabang regular dan 59 kantor cabang mikro dan unit mikro yang tersebar di seluruh wilayah Kalbar. Hal lainnya akan ditunjang dengan tenaga marketing kredit mikro sebanyak 175 orang.

“Layanan ini untuk mendukung Bank Mandiri menjadi bank pilihan pelaku usaha UKM di Kalbar yang butuh permodalan KUR, dengan komitmen pelayanan dari kami yang terdepan, terpercaya, tumbuh bersama anda,” jelasnya.

Dalam acara penyerahan KUR dan sosialisasi program KUR terserbut Bank Mandiri berkesempatan untuk menyapa pelaku usaha UKM dan nasabah debitur mikro Bank Mandiri yang berada di sekitar Pasar Flamboyan, dan melihat langsung pemanfaatan bantuan permodalan dari program KUR.

“Komitmen penyaluran ini sejalan dengan keinginan kami untuk menjadikan Bank Mandiri sebagai sahabat negeri serta ikut membangun pelaku UKM agar terus dapat meningkatkan kontribusi kepada tanah air,” katanya. (Wati Susilawati)