Browse By

Lagi, Paruh Burung Enggang Diamankan

Warta Volare – 26 April 2013

Sebanyak  229 paruh burung enggang diamankan oleh Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalbar. Di antaranya juga terdapat  27,3 kilogram sisik trenggiling, 1 lembar kulit ular sanca, 44 kuku beruang madu, 27 empedu labi-labi, dan 109 empedu dari beberapa jenis satwa liar lainnya. BKSDA dibantu oleh jajaran Polda Kalbar melakukan operasi pengamanan tumbuhan dan satwa liar yang dilindungi di Melawi Kalbar.

BKSDA Kalbar juga melakukan penangkapan terhadap pemiliknya. Penggeledahan pun dilakukan. Dan hasilnya, ratusan bagian tubuh hewan yang dilindungi tersebut ditemukan di kediamannya.

Kepala Balai BKSDA Kalbar, Ir Siti Chadidjah Kaniawati MWC dalam keterangan persnya  tadi pagi menyatakan penangkapan dan pengamanan tersebut didapat berdasarkan informasi dari masyarakat. Kemudian barulah dilakukan penyelidikan dan pengembangan.

Setelah itu SPORC Brigade Bekantan BKSDA Kalbar bersama Polda Kalbar menggerebek rumah penampung di jalan Kenanga Dusun Laja Permai Desa Pal Kecamatan Nanga Pinoh Kabupaten Melawi.