Browse By

Lakukan Inovasi Permudah Layanan Akta Lahir

Pontianak – Marhaeni, Lurah Parit Mayor, menyebut layanan ini merupakan salah satu program inovasi di jajarannya dalam rangka memberikan kemudahan dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Jadi, dalam pelayanan service on delivery ini pihak kelurahan memfasilitasi pembuatan akta kelahiran secara kolektif,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya, belum lama ini.

Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak terus berupaya memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat. Masyarakat kian dipermudah dalam pengurusan administrasi kependudukan seperti akta kelahiran.

Dijelaskannya, service on delivery ini lebih memudahkan warga di Kelurahan Parit Mayor untuk mengurus akta kelahiran sebab warga hanya cukup berurusan dengan petugas di kelurahan tersebut. Caranya, warga cukup membawa dan menyerahkan kelengkapan persyaratan pembuatan akta lahir ke Kantor Lurah Parit Mayor. Apabila berkas permohonan telah lengkap, pihak kelurahan yang akan mengantarkan berkas-berkas itu ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pontianak.

“Jadi, warga tidak perlu bolak-balik ke Kantor Disdukcapil tetapi cukup datang ke Kantor Lurah Parit Mayor. Apabila akta lahir itu telah terbit, petugas kelurahan akan menginformasikan kepada warga yang mengajukan permohonan untuk mengambilnya di kantor lurah,” terangnya.

Marhaeni menambahkan, pihaknya berupaya melakukan penyisiran terhadap bayi yang belum memiliki akta lahir maupun anak-anak yang usianya telah melampaui masa pembuatan akta lahir hingga warga yang telah dewasa dan belum mengantongi akta lahir untuk dibantu pembuatan aktanya. Untuk itu, pihaknya bekerja sama dengan perangkat RT /RW di wilayah Kelurahan Parit Mayor. Kerja sama itu dituangkan dalam sebuah kontrak kerja dengan RT/RW sehingga setiap warga yang baru melahirkan bisa melaporkan langsung ke RT/RW untuk melengkapi semua persyaratan akta lahir. (Wati)