Browse By

Larry Coryell

Larry Coryell disebut sebagai “The Godfather Fusion”. Sebagai salah seorang pionir dari jazz rock, Larry pantas mendapat tempat spesial dalam buku sejarah. Lahir di Galveston, Texas pada 2 April 1943, besar di Seattle, Washington, dari ibunyalah ia diperkenalkan dengan piano di usia 4 tahun. Saat remaja ia sempat belajar gitar dan memainkan musik rock.

Larry mengaku bahwa ia tidak cukup baik jika mengejar karir di dunia musik, ia beralih mengambil studi jurnalisme di University of Washington. Sembari mengajar gitar untuk menambah uang sakunya. Tiga tahun kemudian ia memutuskan keluar dari kampus dan hijrah New York di 1965.

Selama di New York, ia belajar gitar klasik. Menjadikan Chet Atkins dan Chuck Berry sebagai pengaruh awalnya, dan musisi jazz pria seperti John Coltrane dan Wes Montgomery. Ia juga mengambil inspirasi dari musik populer saat itu seperti The Beatles, The Byrds dan Bob Dylan, dengan caranya sendiri menggabungkan gaya musik rock dan jazz. Ini dapat didengar untuk debut rekamannya di album Chico Hamilton, “The Dealer”. Saat itu ia bergabung dengan kuintet Chico Hamilton, menggantikan Gabor Szabo.

Di 1967 dan 1968, ia ikutan rekaman album bersama Gary Burton. Di pertengahan 1960an ia bermain untuk the Free Spirits, ini adalah rekaman pertamanya sebagai anggota band. Bersama The Free Spirits, ia juga menyanyi, bermain sitar dan mengerjakan hampir semua komposisi musiknya. Musik “psychedelic” dengan jazz rock yang lebih kompleks permainan solo oleh Larry dan pemain saksofon-flute, Jim Peppers. Kemudian bergabung Gary Burton (vibraphonist) dan Herbie Mann (flutist), sering tampil bersama Jack Bruce membuat Larry mulai membentuk suara musik yang bermacam ragam itu dengan merilis dua album solo yang menggabungkan jazz, klasik dan rock.

Larry menikah dengan penulis-aktris Julie Nathanson, sebelumnya album solo pertamanya “Lady Coryell” kemudian “The Lion and the Ram” menghadirkan foto Julie sebagai covernya. Puisi yang ditulis Julie juga menjadi cover belakang album “The Lion and the Ram”. Julie, menjadi bagian penting dalam inspirasi lagu dan karir musik Larry termasuk yang mengurus manajemen, ia juga hadir di setiap sesi rekaman Larry. Julie menulis buku dari beberapa wawancara dengan musisi jazz-rock, termasuk suaminya, Chick Corea dan John McLaughin. Dua putra Larry, Julian Coryell dan Murali Coryell juga aktif terlibat dalam dunia musik.

Perjalanan karirnya adalah dimulainya era gitar rock, di saat yang sama ia tumbuh bersama legenda seperti Jimi Hendrix, Carlos Santana dan Eric Clapton. Meski ia tidak setenar atau sepopuler mereka, Larry disebut sebagai pionir musik jazz dan fusion di dunia. Musiknya terus belanjut dan menjadi pengaruh bagi musisi dan penggemar di seluruh dunia.

Sumber:
http://jazztimes.com/guides/artists/79-larry-coryell
http://www.people.com/people/archive/article/0,,20072190,00.html

(Febi)